Minggu, 16 Feb 2020 06:05 WIB

Keren! Versi Baru Foto Bumi 'Sebatang Kara' di Angkasa

Fino Yurio Kristo - detikInet
Pale Blue Dot Versi baru Pale Blue Dot. Foto: NASA
Jakarta -

'Pale Blue Dot' adalah salah satu foto Bumi yang paling populer. Diambil 30 tahun silam oleh wahana antariksa Voyager, kini versi barunya ditampilkan oleh NASA.

Ya, memperingati 3 dekade dijepretnya foto itu, NASA merekanya ulang menggunakan software modern. Hasilnya, foto itu terlihat lebih jelas dengan Bumi tetap terlihat sangat mungil, sebatang kara di luasnya alam semesta.

Pale Blue Dot diambil dari jarak sekitar 6 miliar kilometer. Ini adalah foto terakhir yang diambil Voyager sebelum sistem kameranya dimatikan untuk menghemat daya.

Dikutip detikINET dari BBC, Minggu (16/2/2020) Voyager saat ini telah menjelajah seluruh planet di Tata Surya dan terus melintas ke batasnya. "Lihat foto itu sekali lagi. Itulah rumah. Itulah kita," begitu salah satu caption Pale Blue Dot.

Keren! Versi Baru Foto Bumi 'Sebatang Kara' di AngkasaVersi asli Pale Blue Dot. Foto: NASA

Garry Hunt selaku salah seorang tim Voyager menyebut foto tersebut saat ini menjadi lebih relevan dibanding sebelumnya. Bahwa Bumi yang kecil itu harus dijaga dari berbagai ancaman, terutama perubahan iklim.

"Setiap kali saya bicara soal perubahan iklim dan apa yang dilakukan untuk membuat perubahan, saya menunjukkan gambar ini karena memperlihatkan Bumi adalah sebuah bintik yang terisolasi," kata dia.

"Dot kecil biru ini adalah satu-satunya tempat di mana kita dimungkinkan untuk tinggal dan kita telah membuat kekacauan padanya," pungkas Garry.



Simak Video "NASA Buka Lowongan Astronaut, Intip Persyaratannya!"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fyk)