Jumat, 14 Feb 2020 13:35 WIB

4 Penyakit Manusia yang Juga Dialami Dinosaurus

Aisyah Kamaliah - detikInet
Dinosaurus Ada penyakit yang diidap manusia tetapi juga dimiliki dinosaurus (Foto: CNN)
Jakarta -

Dinosaurus juga mahluk hidup, karena itu mereka pun bisa jatuh sakit. Fakta menariknya, ada beberapa penyakit yang diidap manusia dan juga menyerang dinosaurus seperti katarak dan bahkan kanker!

Apa saja penyakit itu? detikINET telah merangkumnya dari List Verse, Jumat (14/2/2020) mengenai daftar penyakitnya:

1. Kanker

Dinosaurus juga memiliki penyakit kanker. Ini terbukti dari studi yang dipimpin Bruce Rothschild dari Northeastern Ohio Universities College of Medicine di Rootstown, Ohio.

Rothschild dan tim menemukan fakta tersebut setelah melakukan scanning pada 10 ribu fosil dinosaurus yang ada di beberapa museum yang ada di Amerika Utara dengan mesin X-ray. Hasilnya, terdapat 29 dari 97 tulang dinosaurus yang dites memiliki tumor ganas.



2. Sakit gigi

Labidosaurus hamatus adalah salah satu makhluk yang mungkin belum pernah kita dengar. Ia merupakan reptil dengan panjang 1 meter yang hidup sekitar waktu dinosaurus menjelajahi Bumi.

Robert Reisz dari Universitas Toronto Mississauga memimpin tim peneliti untuk memindai rahang bawah dari fosil Labidosaurus hamatus. Mereka menemukan bahwa makhluk itu mengalami kerusakan gigi yang parah dan menyebabkannya kehilangan banyak gigi.

Para peneliti tidak tahu pasti mengapa rahang dinosaurus ini bisa terinfeksi tapi salah satu perkiraan mereka karena ada hubungannya dengan pola makannya.

4 Penyakit Manusia yang Juga Dialami Dinosaurus

Selanjutnya
Halaman
1 2