Viral Broom Challenge, NASA Geregetan dan Sebut Hoax

Viral Broom Challenge, NASA Geregetan dan Sebut Hoax

Aisyah Kamaliah - detikInet
Kamis, 13 Feb 2020 12:23 WIB
Pada 10 Februari silam, sempat viral #BroomChallenge yang membuat orang berlomba-lomba membuat sapu mereka berdiri seimbang. Katanya, pada tanggal tersebut terdapat gravitasi yang tidak seperti biasanya maka dari itu sapu bisa berdiri tegak.
Sempat viral Broom Challenge, NASA sampai ikut berkomentar (Foto: Galaxy Tech Review/YouTube)
Jakarta -

Pada 10 Februari silam, sempat viral #BroomChallenge yang membuat orang berlomba-lomba membuat sapu mereka berdiri seimbang. Katanya, pada tanggal tersebut terdapat gravitasi yang tidak seperti biasanya maka dari itu sapu bisa berdiri tegak. Ah masa?

Tanpa disangka-sangka, NASA pun ikut-ikutan geregetan melihat alasan 'unusual gravity' ini. Pihaknya pun memberikan komentarnya kepada Business Insider sebagaimana dikutip detikINET, Kamis (13/2).

"Ini adalah hoax media sosial lain yang mencontohkan seberapa cepat pseudosains dan klaim palsu bisa menjadi viral," kata NASA.

NASA mengatakan meskipun tipuan ini tidak fatal, tapi ini menjadi 'sentilan' pentingnya melakukan pengecekan fakta dan penelitian. Mereka mengimbau untuk mengecek fakta-fakta melalui akun sosial resmi NASA dan NASA.gov untuk fakta-fakta terbaru.

"Fisika dasar berlaku setiap hari sepanjang tahun bukan hanya pada 10 Februari," tulis NASA di tweet yang diunggah berikut dengan video yang menampilkan astronaut Alvin Drew yang mempraktikkan challenge sapu berdiri itu.

Alvin Drew ditemani ilmuwan Sarah Nobel kala menjelaskan hal tersebut.

"Apakah kamu melakukan Broom Challenge kemarin? Ya, kamu bisa melakukannya hari ini juga," ucap Nobel.

Terakhir Drew menambahkan dengan kalimat singkat: "It's just physics".

Viral Broom Challenge, NASA Geregetan dan Sebut Hoax


Simak Video "Melihat Roket NASA Berlogo 'Cacing' yang Bakal Terbang ke Bulan "
[Gambas:Video 20detik]
(ask/ask)