Apa Rasanya Daging Dinosaurus?

Apa Rasanya Daging Dinosaurus?

Aisyah Kamaliah - detikInet
Selasa, 11 Feb 2020 08:30 WIB
Dinosaurus
Lewat sains, peneliti mengira-ngira seperti apa rasa daging dinosaurus. Foto: CNN
Jakarta -

Jika seandainya dinosaurus masih ada di sekitar kita dan kita dihidangkan sepiring daging dinosaurus, akan seperti apa rasanya?

Ya, memang mustahil mengingat para dinosaurus banyak yang sudah lama punah, akan tetapi sains bisa menjawab rasa penasaran ini -- jika kamu memang penasaran sih. Bhart-Anjan Bhullar asisten profesor Paleontologi dan Zoologi Vertebrata di Yale yang memimpin studi (kolaborasi bersama Harvard) menjawabnya

Bhullar mengatakan bahwa dinosaurus adalah hewan yang kuat dan tangguh. Berdasarkan spesimen cakar velociraptor yang telah diawetkan oleh para ilmuwan, Bhullar berspekulasi bahwa mereka akan terasa lebih seperti burung pemangsa, seperti elang atau rajawali.

"Sebenarnya, semua film yang pernah saya tonton, seperti 'Jurassic Park,' telah meremehkan ukuran cakar mereka. Ukurannya sekitar dua kali dan persis berbentuk cakar elang," katanya kepada CNN.

Jadi seperti apa rasanya rajawali? Tidak untuk direkomendasikan ya detikers, namun menurut penggemar daging eksotis, rasanya mirip dengan kalkun, tetapi lebih keras karena rajawali adalah karnivora.

Tentu saja, rasa daging apa pun dipengaruhi oleh komposisi otot hewan dan apa yang dimakannya. Raptor yang bergerak cepat membutuhkan serat otot yang bergerak cepat, yang berhubungan dengan daging putih.

Tetapi tidak semua dinosaurus mirip dengan raptor. Beberapa adalah herbivora, sejumlah lainnya ada yang tinggal di daratan dan beberapa terlihat jauh lebih tidak menyeramkan.

Karena dinosaurus adalah reptil, Bhullar menyatakan bahwa dinosaurus primitif lainnya mungkin terasa mirip dengan buaya, yang memiliki nenek moyang yang sama dengan dinosaurus.

Soal rasa buaya, Paul Cook, pemilik perusahaan daging eksotis Osgrow, mengatakan itu akan terasa seperti potongan daging babi.

"Ada warna coklat keemasan di luar. Dan kamu akan membutuhkan pisau dan garpu yang tepat untuk memakannya," kata Cook. Akan tetapi, seperti hewan lainnya, berbeda spesies maka berbeda pula rasanya.

Faktanya, sebuah penelitian 2007 di jurnal Science mengungkapkan bahwa beberapa sekuens protein dari fosil T rex sangat mirip dengan sekuens protein yang ditemukan pada seekor ayam. Jadi dapat disimpulkan rasa dinosaurus tergantung pada jenis dinosaurusnya itu sendiri.

Tapi omong-omong, kalau ada dinosaurus memangnya siapa yang berani mendekat? Yang ada malah kita yang jadi panganannya. Hiiih.

Apa Rasanya Daging Dinosaurus?


Simak Video "RSCM-FKUI Berniat Kembangkan Terapi Plasma Darah Sembuhkan Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)