Sabtu, 08 Feb 2020 06:15 WIB

Begini Rencana Pemakaman Manusia di Planet Mars

Fino Yurio Kristo - detikInet
Suasana saat Venzha mengikuti simulasi MDRS di Utah, Amerika Serikat. Simulasi hunian di Planet Mars. Foto: Dokl Venzha/detikcom
Jakarta -

Planet Mars diincar sebagai tempat hunian baru oleh beberapa pihak. Bahkan sudah ada perusahaan yang merencanakan bagaimana nantinya proses penguburan manusia di Planet merah itu.

Konsep pemakaman di Mars diketengahkan oleh Analogs LLC, perusahaan spesialis teknologi antariksa. Ketika nanti ada orang meninggal dunia di Planet Mars, maka ia akan mengenakan pakaian khusus.

Dikutip detikINET dari IB Times, pakaian itu terdiri dari 4 lapisan yang semuanya bisa biodegradable alias dapat hancur atau terurai sendiri. Setiap lapisan itu bahannya berasal dari protein ulat sutra.

Mereka yang berduka di Planet Mars pun bisa tetap melangsungkan prosesi. "Kita akan melakukan proses di mana jenazah disembunyikan di pakaian itu," sebut Pia Interlandi, desainer yang bermitra dengan Analogs.

Setelahnya, jenazah akan menjalani proses khusus lainnya yang intinya tubuh akan didaur ulang di permukaan Mars.

Tentunya visi itu masih jauh di masa depan. Saat ini, kolonisasi Mars masih sebatas rencana walaupun teknologi roketnya sudah dipersiapkan.

Pihak yang getol ingin menghuni planet tersebut antara lain Elon Musk dan Jeff Bezos. Musk bahkan pernah mengatakan ia ingin meninggal di Mars.



Simak Video "Canon Boyong Kamera Flagship, Harganya Bisa Buat DP Rumah"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)