Mengulik Drone yang Dipakai China Awasi Warga dari Virus Corona

Mengulik Drone yang Dipakai China Awasi Warga dari Virus Corona

Fitraya Ramadhanny - detikInet
Selasa, 04 Feb 2020 18:07 WIB
Drone Patroli Virus Corona di China
Drone yang Dipakai China Awasi Warga dari Virus Corona (Foto: DJI)
Jakarta -

China memakai drone untuk mengawasi warga dari virus corona. Ada dua jenis sesuai fungsinya, yuk kita kulik teknologinya.

Langkah China memakai drone untuk menekan penyebaran virus corona, langsung menarik perhatian dunia. Ada yang memuji, ada juga yang mencibir terkait proses pengawasan (surveillance).

Dalam pantauan detikINET Selasa (4/2/2020) dari video-video yang beredar di medsos China, ada 2 tipe drone yang dipakai. Pertama adalah drone pertanian yang dipakai untuk menyemprotkan disinfektan untuk mencegah virus corona di China.


Satu lagi adalah drone pengamatan yang dipasangi speaker. Fungsinya supaya petugas bisa langsung bicara memperingatkan warga yang sedang diamati.

Yuk kita lihat yang pertama dulu, drone pertanian. Drone ini sengaja dialihfungsikan dari buat menyemprot hama, menjadi menyemprot disinfektan untuk mencegah virus corona di kawasan pemukiman warga.

Ini Dia Drone yang Dipakai China Awasi Warga dari Virus CoronaWarga memakai drone untuk menyemprot disinfektan anti virus corona (ITHome)


Gizchina pernah memberitakan drone pertanian ini banyak dipakai di desa-desa untuk mencegah virus corona. Misalnya saja di pedesaan Heze di Provinsi Shandong, drone pertanian dipakai warga desa untuk menyemprotkan disinfektan.

Karena musim dingin menjelang musim semi dan liburan Imlek, tidak ada aktivitas pertanian. Artinya drone ini memang menganggur sehingga dipakai untuk membantu mencegah virus corona. Satu drone bisa mencakup area 16 ribu m2.

Produsen drone macam ini yang paling besar di China adalah XAG. Diberitakan Techinasia, mereka sudah memasarkan 27 ribu drone yang melayani kebutuhan 1,2 juta petani untuk menyemprot pestisida.

XAG punya beberapa drone pertanian yang bentuknya mirip-mirip yaitu berwarna merah putih dengan 4 baling-baling. Ada P10, P20, P30, P Series dan XPlanet yang dilengkapi dengan 4G dan smart tank. Kemampuan operasionalnya 14 hektar/jam.

Ini Dia Drone yang Dipakai China Awasi Warga dari Virus CoronaAneka drone buatan XAG (XAG)