Selasa, 04 Feb 2020 06:02 WIB

Hal-hal yang Diprediksi Terjadi Jika Asteroid Tabrak Bumi

Rachmatunnisa - detikInet
Asteroid Hal-hal yang Diprediksi Terjadi Jika Asteroid Tabrak Bumi. Foto: Brainberries
Jakarta -

Film-film fiksi ilmiah tentang asteroid yang bertabrakan dengan Bumi memang mengesankan. Berbagai berita tentang asteroid yang nyaris mendekati Bumi kita juga selalu membuat penasaran. Apa yang sebenarnya terjadi jika asteroid menabrak Bumi?

Tentu saja, banyak dari kita tahu bahwa asteroid yang menghantam Bumi sekitar 66 juta tahun lalu berkontribusi memusnahkan dinosaurus. Pada kenyataannya, dampak ini diperkirakan telah memusnahkan 80% dari kehidupan di Bumi. Sedangkan sisanya, memungkinkan mamalia dan manusia untuk berkembang.

Berikut ini adalah hal-hal yang diprediksi akan terjadi jika asteroid menghantam Bumi, seperti dikutip detikINET dari Brainberries, Selasa (4/2/2020).

Hal-hal yang Diprediksi Terjadi Jika Asteroid Tabrak BumiFoto: Brainberries

Dampak pada Bumi

Asteroid 'pembunuh' dinosaurus mungkin adalah asteroid paling terkenal yang menabrak Bumi. Bagaimanan jika asteroid yang mirip menyerang kita lagi? Diperkirakan asteroid itu berdiameter 10 km dan menciptakan kawah selebar 180 km di kerak Bumi.

Tentu saja, asteroid ini bukan hanya berdampak lubang besar, energi yang dilepaskan dari dampak menguapkan asteroid itu sendiri secara instan pun bisa memusnahkan sebagian besar kehidupan di Bumi.

Namun jika berkaca pada peristiwa punahnya dinosaurus, asteroid tersebut tak sampai menghancurkan planet kita hingga berkeping-keping dan tidak langsung membunuh semua kehidupan di Bumi. Akan ada sebagian makhluk hidup lainnya yang selamat baik hewan maupun manusia yang mengisi kembali planet ini.

Hal-hal yang Diprediksi Terjadi Jika Asteroid Tabrak BumiFoto: Brainberries

Sebelum Dampak Asteroid

Pada kenyataannya, kita mungkin akan mendapatkan peringatan beberapa bulan sebelumnya, karena asteroid itu sendiri terdeteksi oleh badan antariksa nasional berbagai negara sebelum menabrak Bumi. Pada saat ini, kita memang belum memiliki teknologi untuk membelokkan atau mengubah jalur lintasan asteroid. Namun, upaya ke arah itu sudah dimulai.

Badan antariksa nasional AS NASA, bersama badan antariksa nasional Eropa ESA, pada tahun lalu telah sepakat melakukan misi bersama untuk mengalihkan asteroid yang diperkirakan akan menabrak Bumi pada 2027.

Kedua badan antariksa itu akan menyiapkan dua pesawat ruang angkasa. Salah satu pesawat akan dihantam ke permukaan asteroid, sementara pesawat lainnya akan melakukan pengumpulan data terkait dampak yang ditimbulkan dari tabrakan tersebut.

Hal-hal yang Diprediksi Terjadi Jika Asteroid Tabrak BumiFoto: Brainberries

Saat Meluncur ke Bumi

Saat asteroid dalam perjalanan ke Bumi, langit mungkin terlihat normal-normal saja. Baru pada 24 jam sebelum berdampak, kita akan melihat asteroid tersebut di langit. Ketika asteroid semakin mendekat, benda langit itu akan tetap diam hingga memasuki atmosfer Bumi dalam berkali-kali kecepatan suara.

Selanjutnya
Halaman
1 2