Somalia Umumkan Darurat Teror Belalang

Somalia Umumkan Darurat Teror Belalang

Fino Yurio Kristo - detikInet
Senin, 03 Feb 2020 22:10 WIB
Wabah Belalang
Somalia Umumkan Darurat Teror Belalang (Foto: Associated Press)
Somalia -

Kalau di China sedang wabah virus corona, beda lagi dengan Somalia. Wabah belalang benar-benar mengganggu di sana sampai Somalia mengumumkan keadaan darurat nasional.

Kementerian Pertanian Somalia menyebut belalang telah mengkonsumsi banyak tanaman. Hal itu mengancam keamanan pangan Somalia karena mungkin tidak dapat terkendali sampai masa panen.

Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) menyebut bahwa wabah belalang itu merupakan yang terbesar di Somalia dan Ethiopia dalam 25 tahun. Negara tetangga Somalia juga mengalami wabah terburuk dalam 70 tahun.

Namun dikutip detikINET dari BBC, Senin (3/2/2020) baru Somalia yang mengumumkan keadaan darurat. Situasi keamanan yang tidak stabil juga menyulitkan untuk menyemprot pestisida.

Belalang itu menyebar dari Yaman melalui Laut Merah setelah curah hujan sangat tinggi menciptakan kondisi ideal bagi binatang itu untuk berkembang biak. Kemungkinan terkait dengan perubahan iklim.

Tahun 2019, wilayah itu dilanda kondisi iklim dan cuaca yang tidak umum, termasuk hujan sangat lebat antara Oktober dan Desember. Angin siklon juga melanda Somalia dan Ethiopia di Desember, sehingga belalang berkembang makin pesat.

Belalang bisa terbang sampai 150 kilometer per hari. Setiap belalang dapat memakan setara berat tubuhnya setiap hari.



Simak Video "Ngeri! langit di India Menghitam Karena Serangan Hama Belalang"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)