Proyek Roro Jonggrang, China Bikin Rumah Sakit Corona 2 Hari - Halaman 2

Proyek Roro Jonggrang, China Bikin Rumah Sakit Corona 2 Hari

Fitraya Ramadhanny - detikInet
Kamis, 30 Jan 2020 19:13 WIB
Rumah Sakit Virus Corona di China
Dabie Mountain Hospital, China Bikin Rumah Sakit Corona 2 Hari (Foto: Weibo)

Media pemerintah China melakukan broadcast dan bahkan live streaming dimana netizen bisa melihat langsung bagaimana proses pembangunan rumah sakit untuk pasien virus corona baru ini secara realtime. Buldozer, insinyur dan pekerja bangunan berjibaku membuat rumah sakit.

Proyek kebut ini menjadi perhatian para insinyur dan arsitek dunia. Bangunan yang biasanya dikerjakan setahun, ini cuma dikerjakan 2 hari sampai 1 minggu. Apakah struktur bangunannya aman?


Scott Rawling arsitek dari firma HOK mengatakan dari sisi ilmu arsitektur dan teknik sipil, yang dibuat China sebenarnya bukan sebuah rumah sakit normal. Sebenarnya ini adalah pusat gawat darurat untuk menangani wabah penyakit masal.

"Saya ragu kalau yang sedang dibikin di Wuhan adalah rumah sakit permanen dan bukan layanan full service juga," kata Scott kepada Quartz.

Proyek Roro Jongrang, China Bikin Rumah Sakit Corona 2 HariHuoshenshan Hospital (Foto: Getty Images)


Rumah sakit di Wuhan dibikin berdasarkan blue print dari RS Xiaotangshan. Ini adalah rumah sakit yang dibikin dalam waktu seminggu dengan 1.000 tempat tidur ketika wabah SARS tahun 2003.

Co-founder Knippers Helbig dari Jerman dan juga insinyur teknik, Thorsten Helbig juga mengomentari proyek Roro Jonggrang di China ini. Menurutnya bangunannya aman, tapi tidak bisa berkelanjutan.

Dengan material pra cetak dan modul-modul konstruksi, pembangunan bisa cepat selesai seperti merakit lego. Namun konsumsi energinya akan sangat boros dan perawatannya susah karena dibikin dengan persiapan sangat singkat.


Helbig mengatakan RS Xiaotangshan di Beijing diam-diam juga sudah ditinggalkan setelah wabah SARS selesai. China.org memberitakan rumah sakit ini ibarat perahu Nabi Nuh, untuk menyelamatkan orang sebanyak mungkin, tapi memang bukan untuk dijadikan rumah sakit permanen.

Gedungnya masih ada, tapi tidak dipergunakan lagi. Bisa jadi jika wabah virus corona ini berhasil diatasi, 4 rumah sakit yang dibikin ala proyek Roro Jongrang ini juga akan menyudahi fungsinya.

Proyek Roro Jongrang, China Bikin Rumah Sakit Corona 2 Hari
(fay/fay)