Kamis, 30 Jan 2020 19:13 WIB

Proyek Roro Jonggrang, China Bikin Rumah Sakit Corona 2 Hari

Fitraya Ramadhanny - detikInet
Rumah Sakit Virus Corona di China Dabie Mountain Hospital, China Bikin Rumah Sakit Corona 2 Hari (Foto: Weibo)
Jakarta -

China membangun rumah sakit untuk corona cuma 2 hari, dua lainnya dibangun dalam seminggu. Insinyur dunia pun ramai mengomentari, gedungnya aman atau tidak.

China mengeluarkan seluruh kemampuannya untuk mengatasi virus corona di China. Rumah sakit khusus dibikin dalam 2 hari, dan masih ada 2 rumah sakit lain akan selesai pekan depan.


Ibarat proyek Roro Jongrang, sebuah rumah sakit dikebut selesai dalam 2 hari di Huanggang, 75 km dari Wuhan. Untungnya, tidak perlu membangun dari nol. Pemerintah China memanfaatkan gedung kosong untuk dijadikan rumah sakit darurat.

Dabie Mountain Regional Medical Centre -nama resminya- ini punya kapasitas 1.000 tempat tidur. Pasien pertama virus corona sudah masuk pada pukul 22.30 waktu setempat pada Selasa 28 Januari 2020.

Proyek Roro Jongrang, China Bikin Rumah Sakit Corona 2 HariHuoshenshan Hospital (Foto: Getty Images)


Dilansir dari beberapa media internasional seperti Daily Mail dan Metro Inggris, dua rumah sakit lain, sungguhan dibuat dari nol di Kota Wuhan. Rumah sakit yang pertama adalah Huoshenshan Hospital yang berarti Dewa Api di Caidan, sebelah barat Wuhan. Luasnya 27 ribu meter persegi.

4 Kontraktor dikerahkan untuk membuat rumah sakit dengan kapasitas 1.000 tempat tidur dan harus selesai pada 3 Februari 2020 dan bisa menerima pasien. Artinya, butuh waktu seminggu untuk menyelesaikan rumah sakit ini.

Satu lagi adalah Leishanshan Hospital yang berarti Dewa Petir, dibangun di daerah Jianxhia, Wuhan selatan. Akan ada 2 gedung dengan total 1.500 tempat tidur dan menampung 2.000 petugas medis.


Luas area untuk RS Leishanshan mencapai 30 ribu meter persegi. Rumah sakit keempat rencananya dibikin di Kota Zhenzhou di Provinsi Henan.

Skenario ala Roro Jongrang ini pernah dilakukan China ketika wabah SARS tahun 2003. Saat itu mereka membuat rumah sakit dalam waktu seminggu di Beijing dan beroperasi selama 2 bulan.

Selanjutnya
Halaman
1 2