Rabu, 29 Jan 2020 17:14 WIB

Virus Corona Wuhan Hasil Curian dari Kanada?

Fitraya Ramadhanny - detikInet
Dr Xiangguo Qiu Dikaitkan dengan Virus Corona Wuhan, namun dibantah pemerintah Kanada Dr Xiangguo Qiu dan suaminya dikaitkan dengan wabah virus corona di Wuhan (Foto: Governor General's Innovation Awards))
Jakarta -

Ketika virus corona merebak di Wuhan, di Kanada ada keributan sendiri. Skandal 'pencurian virus' oleh ilmuwan China mencuat kembali.

Di Kanada dan dunia maya, lagi viral postingan blog dan tweet dengan tuduhan sangat serius. Virus corona di Wuhan dituding hasil mencuri dari lab virus di Kanada. Tudingan ini sambil mengutip berita Canada Broadcasting Centre (CBC) tentang skandal yang terjadi tahun 2019 lalu.

Pihak CBC rupanya gerah beritanya dipelintir di media sosial. Mereka lalu melansir pemberitaan baru sekaligus meluruskan fakta mengenai apa yang disebut dengan 'skandal pencurian virus'.

Seperti dilihat dari CBC Canada, Rabu (29/1/2020) inilah fakta-faktanya:

1. Cerita viral pencurian virus

Ada cerita viral di medsos Kanada tentang 2 ilmuwan China menyelundupkan virus Corona ke laboratorium di Wuhan pada tahun 2019. Kisah ini beredar di semua media sosial dan aneka blog.

Sebuah blog dibagikan lebih dari 6.000 kali di Facebook pada Senin 27 Januari. Ada juga dalam bentuk video yang disebar di TikTok dan ditonton 350 ribu kali.


Public Health Agency Canada (PHAC) membantah ada kaitan apapun antara National Microbiology Lab (NML) di Winnipeg, 2 ilmuwan yang dikeluarkan dari gedung pada musim panas 2019 dan wabah virus corona di China.

"Ini adalah misinformasi dan tidak ada basis faktual untuk claim yang dibuat di media sosial," kata Eric Morrissette, kepala hubungan media Health Canada dan Public Health Agency Canada.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4