Senin, 27 Jan 2020 11:37 WIB

China Rilis Foto-foto Terbaru dari Sisi Terjauh Bulan

Rachmatunnisa - detikInet
China Rilis Foto-foto Terbaru dari Sisi Terjauh Bulan. Foto: CNSA
Jakarta -

Robot penjelajah angkasa Chang'e-4 baru saja merayakan pendaratan pertama dan bersejarahnya di Kawah Von Karman, di dalam cekungan Kutub Selatan-Aitken raksasa di Bulan. Perayaan itu terasa lengkap dengan dirilisnya foto-foto terbaru dari sisi terjauh Bulan oleh badan antariksa nasional China, CNSA.

Seperti dikutip dari Space, foto-foto ini mencakup hampir setahun eksplorasi robot Chang'e-4 di sisi terjauh Bulan, wilayah yang sebelumnya tidak ada misi pendaratan di sana.

Untuk diketahui, China memiliki dua robot yang ditempatkan di Bulan. Selain Chang'e-4, ada juga rover Yutu-2 yang menemaninya. Kedua robot ini mulai kembali bekerja menangkap citra di area sisi terjauh Bulan pada 18-19 Januari 2020.

Foto-foto yang dirilis pada Senin (20/1) lalu ini terdiri dari gambar Bulan beresolusi tinggi yang dijepret dari kamera Chang'e-4. Selain itu, tentunya ada juga foto-foto dengan resolusi tinggi lainnya yang diambil dari kamera panoramik Yutu-2

Misi Chang'e 4 nantinya akan diikuti dengan misi Chang'e 5 yang akan menjadi babak final dari program Chang'e CNSA. Chang'e 5 mencakup robot penjelajah yang mengumpulkan sampel dan membawanya ke Bumi. Perolehan sampel ini akan menjadi yang pertama untuk China dan program luar angkasanya.

Sementara itu, Yutu-2 akan menggelar investasi sains mendalam di sisi gelap Bulan dengan membawa peralatan sains yang bisa menganalisa permukaan dan di bawah permukaan kawah Von Karnam dan South Pole-Aitken Basin.

China juga berencana mendaratkan penjelajah lain di Mars di tahun ini, lewat misi Chang'e 5. Negara itu juga akan melakukan misi penjelajahan luar angkasa ke Jupiter dan sejumlah asteroid sebelum 2030.

China Rilis Foto-foto Terbaru dari Sisi Terjauh Bulan


Simak Video "IMEI Ponselmu Sudah Terdaftar Belum? Begini Cara Ceknya"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/fyk)