India Akan Kirimkan Robot Perempuan ke Luar Angkasa

India Akan Kirimkan Robot Perempuan ke Luar Angkasa

Virgina Maulita Putri - detikInet
Jumat, 24 Jan 2020 11:03 WIB
India Akan Kirimkan Robot Perempuan ke Luar Angkasa Foto: AP
Jakarta -

Ambisi India untuk menjadi pemain besar di misi antariksa berlanjut. Kali ini mereka ingin mengirimkan robot humanoid perempuan menuju luar angkasa.

Robot perempuan ini diberi nama Vyommitra dan diperkenalkan kepada publik oleh India Space research Organisation (ISRO). Namanya adalah kombinasi dari kata Sanskrit yang berarti 'luar angkasa' dan teman'.

Peluncuran Vyommitra ke luar angkasa merupakan bagian dari program Gaganyaan yang dicanangkan ISRO. Program ini bertujuan untuk mengirimkan astronot India ke luar angkasa, dan Vyommitra adalah bagian dari persiapannya.

ISRO berencana untuk meluncurkan Vyommitra pada tahun 2020. Setelah itu Vyommitra akan menghuni misi tanpa awak ISRO yang direncanakan berlangsung pada Desember 2020 dan Juni 2021.

Walau terlihat seperti wanita dan memiliki dua tangan yang berfungsi, Vyommitra tidak memiliki kaki. Tapi robot ini memiliki banyak kemampuan yang ditujukan untuk membantu kerja astronot seperti mengoperasikan panel kontrol, berbicara dalam dua bahasa dan memonitor kondisi wahana antariksa.

"Vyommitra adalah setengah humanoid karena tidak memiliki kaki. Ia bisa membungkuk ke samping dan ke depan," kata ilmuwan ISRO, Sam Dayal, seperti dikutip detikINET dari India Today, Jumat (24/1/2020).

"Vyommitra akan menjalankan eksperimen tertentu dan akan terus terhubung dengan pusat komando ISRO," sambungnya.

Setelah gagal mendaratkan misi Chandrayaan-2 di Bulan pada September lalu, ambisi India untuk menaklukkan misi luar angkasa menjadi semakin menggebu-gebu. Untuk misi Gaganyaan, Negeri Gangga bertekad meluncurkan tiga astronot India, menggunakan roket dan kapsul buatan India yang diluncurkan dari India.

India Akan Kirimkan Robot Perempuan ke Luar Angkasa


Simak Video "Gadis 19 Tahun Meninggal Diperkosa 4 Pria Picu Protes di India"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fyk)