Kamis, 23 Jan 2020 09:10 WIB

Inilah Dinosaurus yang Belum Punah Sampai Sekarang

Aisyah Kamaliah - detikInet
Ilustrasi dinosaurus. Foto: istimewa
Jakarta -

Dinosaurus dipercaya sudah punah, namun ternyata ada lebih dari 10 ribu spesies yang masih berkeliaran di bumi. Ya, kita mengenalnya dengan sangat baik. Hewan tersebut kita sebut sebagai -- burung.

"Burung adalah dinosaurus hidup, sama seperti kita adalah mamalia," kata Julia Clarke, seorang ahli paleontologi dan seorang profesor di Departemen Ilmu Geologi di University of Texas, Austin.

Kita dapat melacak karakteristik anatomi tertentu hingga menemukan nenek moyang mereka, dan hal yang sama berlaku untuk burung, kata Clarke pada Live Science.


"Mereka bersarang dengan kuat di salah satu bagian garis turunan dinosaurus," tuturnya. "Semua spesies burung yang kita miliki saat ini adalah keturunan dari satu garis keturunan dinosaurus: dinosaurus theropoda."

Burung modern memiliki ekor dan tubuh berbulu, serta paruh tanpa gigi dan kaki depan yang lebih panjang dari anggota belakangnya. Mereka juga memiliki lempengan tulang di dekat ekor mereka yang disebut pygostyle.

Menurut Takuya Imai, asisten profesor di Dinosaur Research Institute di Fukui Prefectural University, Fukui, Jepang, jenis lain dari theropoda yang punah memiliki satu atau lebih ciri-ciri ini.

Lebih lanjut, Imai juga menyuguhkan bukti lain. Ia mengambil contoh struktur burung primitif dari Jepang bernama Fukuipteryx (unggas berumur 120 juta tahun) yang diawetkan dan ternyata sangat mirip dengan pygostyle dari ayam modern.

Wah, wah, ternyata belum semua dinosaurus punah ya.



Simak Video "Mengenal Paleoartist, Ilustrator Manusia Purba dan Dinosaurus"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/rns)