Rabu, 22 Jan 2020 10:34 WIB

Bendung Virus Corona, Ilmuwan Minta Kota Wuhan Dikarantina

Fino Yurio Kristo - detikInet
Kepanikan akibat virus corona. Foto: AP Photo
Wuhan - Ilmuwan di Chinese Centre for Disease Control and Prevention meminta warga di kota Wuhan untuk tidak meninggalkan kota itu. Mereka yang mau datang ke sana pun diminta membatalkan niatnya.

Bisa ditebak, saran karantina kota Wuhan itu terkait dengan upaya mencegah penyebaran virus corona yang mematikan. Sudah ada sekitar 300 orang terinfeksi di China dan enam orang dikabarkan meninggal.

Zeng Guang yang merupakan salah satu ilmuwan di CDC berharap sebisa mungkin orang jangan mendatangi Wuhan. "Kami harap orang bisa menghindari Wuhan jika mungkin dan bahwa orang di Wuhan bisa tetap tinggal saja," cetusnya.


Dikutip detikINET dari Science Alert, ia mengatakan pernyataan itu adalah sarannya sendiri, bukan dari pemerintah. "Ini bukan permintaan dari pemerintah tapi saran dari kami di tim ahli," terangnya.

Virus corona sendiri adalah 'keluarga besar' virus yang bisa mengakibatkan sakit pernapasan. Familinya termasuk SARS dan MERS yang bisa berdampak parah. Termasuk pula virus sejenis yang dampaknya lebih ringan seperti flu biasa.

Sejauh ini sebenarnya, belum diketahui dengan persis seberapa fatal sakit yang ditimbulkan oleh virus corona. Tapi kewaspadaan sudah sangat tinggi.

Virus yang pertama kali teridentifikasi di Wuhan ini telah menyebar ke Beijing dan Shanghai. Kasus-kasus orang terinfeksi virus ini juga sudah dideteksi di luar China, seperti di Korea Selatan, Thailand dan Jepang.




Bendung Virus Corona, Ilmuwan Minta Kota Wuhan Dikarantina


Simak Video "Dukungan Relawan di Pusat Wabah COVID-19"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fyk)