Sabtu, 18 Jan 2020 12:18 WIB

Teknologi Hidup Abadi

Mencoba Hidup Abadi dengan Teknologi Cryogenic

Fitraya Ramadhanny - detikInet
Mencoba Hidup Abadi dengan Teknologi Cryogenic (iStock)
Jakarta - Sebuah perusahaan Rusia menawarkan hidup abadi dengan teknologi Cryogenic. Memangnya teknologi apakah ini?

KrioRus dari Rusia menawarkan jasa membekukan badan seharga 28.000 Poundsterling atau Rp 498 juta. Diberitakan Daily Mail, Direktur KrioRus, Valeriya Udalova mengatakan ada kemungkinan teknologi untuk menghidupkan kembali orang yang meninggal dunia bisa diciptakan, walau saat ini belum ada jaminannya.

Media Express dari Inggris pernah menulis kalau Cryogenic adalah ilmu yang mempelajari pengawetan dengan cara dibekukan memakai nitrogen cair. Khusus untuk pengawetan tubuh manusia, supaya bisa dihidupkan di masa depan, prosedur ini namanya Cryonic.




Untuk metodenya, pertama-tama tubuh didinginkan dengan bak es untuk menurunkan suhu tubuh. Namun sel-sel otak harus dijaga supaya tidak rusak.

Kemudian darah diganti dengan cairan anti beku untuk mencegah pembentukan kristal es. Tubuh yang sudah beku kemudian dikirim ke fasilitas penyimpanan Cryonic yang ada di AS atau Rusia.

Di sana, tubuh akan ditaruh di sleeping bag dan dibekukan dengan gas nitrogen dalam suhu -110 derajat Celcius selama beberapa jam. Lalu dalam 2 minggu berikutnya, tubuh pelan-pelan dibekukan sampai suhu -196 derajat Celcius.

Mencoba Hidup Abadi dengan Teknologi Cryogenic
Selanjutnya
Halaman
1 2