Sabtu, 18 Jan 2020 07:29 WIB

Planet Misterius Mengorbit di Bintang Dekat Matahari

Fino Yurio Kristo - detikInet
Ilustrasi. Foto: Independent
Jakarta - Proxima Centauri merupakan bintang yang berada paling dekat dengan Bumi, jaraknya sekitar 4,2 tahun cahaya dari Bumi. Penelitian terbaru menduga kuat bahwa ada planet tersembunyi di Tata Surya Proxima Centauri.

Pada tahun 2016, astronom telah menemukan sebuah planet yang berpotensi bisa ditinggali di Proxima Centauri, sebutannya Proxima b. Memakai teleskop di Chile, astronom coba mencari planet lain di sistem bintang itu, dengan melacak sinyal cahaya.

Awalnya, observasi teleskop Atacama Large Millimeter/submillimeter menemukan sinyal spektrum cahaya dari sumber tak dikenal di Proxima Centauri. Kala itu masih dipertanyakan apakah sumbernya dari planet yang berada di galaksi dekat atau sesuatu yang lain.


Kini dalam studi baru yang dipublikasikan di jurnal Science Advances, ilmuwan menganalisis lebih lanjut data tentang sinyal bersangkutan. Mereka mengungkap bahwa perubahan dari cahaya itu mengindikasikan ada planet lain di sana, walau masih perlu diteliti lebih dalam.

Dikutip detikINET dari CNN, planet ini disebut Bumi Super atau Super Earth, di mana massanya kemungkinan lebih tinggi dari planet Bumi, namun tak sebesar planet Uranus atau Neptunus.

"Proxima Centauri memiliki sistem planet yang jauh lebih kompleks daripada yang kita tahu dan belum diketahui apalagi yang menunggu untuk ditemukan," sebut Fabrio Del Sordo, salah satu peneliti dari University of Crete.

Planet Proxima b sendiri cukup menghebohkan ketika ditemukan. Disebut-sebut ada potensi besar kehidupan di sana dan jaraknya cukup dekat sehingga tak msutahil suatu hari nanti bakal dikunjungi oleh wahana antariksa.

Planet Misterius Mengorbit di Bintang Dekat Matahari



Simak Video "17 Eksoplanet Ditemukan, Salah Satunya Layak Huni"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)