Seram, NASA Temukan Dua Planet Bertubrukan

Seram, NASA Temukan Dua Planet Bertubrukan

Fino Yurio Kristo - detikInet
Minggu, 12 Jan 2020 06:39 WIB
Ilustrasi. Foto: NASA
Jakarta - Tabrakan antara dua planet mungkin lebih cocok jadi plot sebuah film fiksi ilmiah. Namun menurut lembaga antariksa NASA, hal itu benar-benar terjadi nun jauh di sana.

Dikutip detikINET dari Mirror, NASA mengungkap bahwa dua exoplanet, planet di luar Tata Surya kita, telah bertuburkan pada tahun 2010 dengan akibat yang tentunya mengerikan.

Kedua planet berada di sistem planet BD +20 307 yang letaknya sekitar 300 tahun cahaya dari Bumi, di konstelasi Aries. Tahun 2010 itu, NASA mendeteksi level debu tinggi di sana, mengindikasikan dua planet mungkin bertubrukan. Riset terbaru menguatkan dugaan itu.


"10 tahun silam, ilmuwan berspekulasi bahwa debu yang ada itu merupakan akibat dari tabrakan antar planet. Sekarang, misi SOFIA NASA menemukan lebih banyak debu hangat, mendukung spekulasi itu," sebut NASA.

Penemuan itu bisa membantu memberi gambaran lebih lengkap soal sejarah Tata Surya kita. "Tabrakan semacam itu mirip dengan peristiwa yang menciptakan Bulan kita," papar NASA.

Bulan terbentuk sekitar 4,5 miliar tahun silam, sekitar 30 sampai 50 juta tahun setelah awal Tata Surya. Satelit Bumi itu terjadi diduga akibat tubrukan antar planet.

"Bulan terbentuk dari serpihan yang terlempar ke orbit oleh tabrakan masif antara Bumi awal dan planet lain seukuran Mars," kata Jan Heldmann, ilmuwan NASA.



Simak Video "Bocah Magang di NASA Temukan Planet Baru"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)