Jumat, 10 Jan 2020 06:05 WIB

Menguak Asal Suara Misterius yang Terdengar di Berbagai Belahan Bumi

Aisyah Kamaliah - detikInet
Planet Bumi. Foto: NASA via Getty Images Planet Bumi. Foto: NASA via Getty Images
Jakarta - Suara misterius yang kadang terdengar di berbagai belahan Bumi selama ini menjadi misteri. Namun studi terbaru mengungkap kemungkinan sumber suara tersebut.

Berdasarkan keterangan sejumlah peneliti kemungkinan fenomena itu terjadi karena aktivitas seismik. Suara dengungan yang terdengar bisa jadi tanda suatu 'kelahiran' gunung baru.

Misalnya beberapa bulan setelah suara misterius terdengar dan dilaporkan beberapa pihak, gunung berapi bawah laut terlahir di lepas pantai Pulau Mayotte, yang terletak di antara Madagaskar dan Mozambik di Samudra Hindia.

Pada Mei 2018, badan-badan pemantauan gempa global mendeteksi ribuan gempa bumi di dekat Mayotte, termasuk gempa berkekuatan 5.9 SR yang merupakan gempa terbesar yang pernah terdeteksi di wilayah tersebut.


Kemudian, pada November 2018, seismolog merekam dengungan seismik yang aneh, beberapa berlangsung hingga 40 menit, yang berdengung di seluruh dunia.

"(Dengungan misterius ini) memicu keingintahuan komunitas ilmiah," tulis para peneliti dalam riset tersebut. Para peneliti pun menemukan lebih dari 400 sinyal dari suara tersebut.

Setelah munculnya suara tersebut, pada 2019 sebuah misi oseanografi Prancis menunjukkan bahwa gunung berapi baru telah lahir di dekat Mayotte dengan panjang sekitar 5 km dan tinggi 0,8 km. Jadi kemungkinan dua peristiwa tersebut berhubungan.

Meski begitu, belum terdapat jawaban pasti dari asal muasal suara misterius di Bumi. Peneliti lain beranggapan bahwa suara misterius di Bumi ada kaitannya dengan ke gunung berapi baru dan ruang magma bawah tanah yang menyusut, mengingat Mayotte telah tenggelam dan bergerak beberapa inch sejak gempa dimulai.

Penelitian mengenai hal itu pun belum dipublikasikan dalam jurnal. Penelitian lebih lanjut dibutuhkan untuk mengetahui kemungkinan lain yang menjadi asal muasal suara misterius tersebut.



Simak Video "Suara-suara Misterius yang Terdengar di Langit Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/afr)