Selasa, 07 Jan 2020 21:04 WIB

Foto Viral Matahari Berbentuk 'Tanduk Setan', Bukan Hoax!

Aisyah Kamaliah - detikInet
Foto Matahari berbentuk 'tanduk setan'. Foto: Elias Chasiotis
Jakarta - Viral foto Matahari terbit yang berbentuk seperti tanduk setan. Meski banyak yang terkesima, ada juga yang meragukan keasliannya. Benar ada nih?

Dikutip dari Bored Panda, foto yang viral tersebut nyata adanya dan merupakan hasil jepretan Elias Chasiotis yang menghabiskan waktu di Qatar pada 2019 silam.

"Astronomi telah mempesona saya sejak kecil," kata Chasiotis kepada Bored Panda.

"Saya juga seorang astrofotografer amatir selama 15 tahun terakhir. Saya mengambil foto-foto ini di kota pesisir Al Wakrah, Qatar, pada pagi hari tanggal 26 Desember 2019, ketika gerhana matahari cincin sedang berlangsung," kata dia.


Ia menjelaskan cuaca pada awalnya tidak begitu baik dan banyak tertutup. Ia pun harap-harap cemas bisa memotret bentuk fenomena gerhana dengan bentuk yang sempurna.

"Saya khawatir tidak ada yang tertangkap dari gerhana. Namun, ketika matahari akhirnya mulai naik, itu tampak seperti dua bagian yang terpisah, semacam tanduk merah yang menembus laut," ujarnya.

Karena bentuknya, fenomena ini dijuluki 'evil sunrise'. Lebih lanjut, sang fotografer menjelaskan ia menggunakan Sony A7 II mirrorless camera dan lensa Sigma 150-600mm F/5-6.3 DG OS HSM untuk menangkap fenomena tesebut.

Orang-orang pun banyak yang memuji hasil karya Chasiotis sebagai suatu foto yang memukau dan langka untuk diabadikan.



Simak Video "Pasutri Belanja di Gancit Pakai APD Bikin Suasana Heboh"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/ask)