Selasa, 07 Jan 2020 06:15 WIB

Burung Ini Punya Suara Sekencang Speaker Konser Musik Rock

Aisyah Kamaliah - detikInet
Wujud Bellbird. Foto: mashable
Jakarta - Hutan Amazon adalah tempat yang sangat berisik dengan suara-suara hunian yang ada di dalamnya. Termasuk salah satunya hewan bellbird yang dijuluki hewan dengan suara paling besar di bumi.

"Mereka seperti alien," kata Jeff Podos Biologis dari University of Massachusetts dan penulis dari studi yang dipublikasikan di Current Biology.

"Jika kamu meniup trompet sekuat yang kamu bisa, ini akan menciptakan suara mirip bellbird," ujarnya dikutip dari National Geographic.


Bellbird mencapai 125 dB yang mana sama suara yang kamu dengar ketika berdiri di samping speaker pada konser rock, bahkan dalam jarak 1 km masih bisa terdengar suaranya. Hal ini membuatnya tiga kali lebih besar suaranya dari Piha yang memiliki suara nyaring juga. Sebagai perbandingan, normalnya manusia berada di sekitar frekuensi 60 dB.

Yang uniknya dan benar-benar mengejutkan para ilmuwan, para pejantan akan meneriakkan langsung ke wajah betina. Hal ini dijelaskan Russ Charif, ahli bioakustik senior di Cornell Lab of Ornithology, yang tidak terlibat dalam penelitian ini.


Charif percaya bahwa jantan mungkin melakukan hal ini untuk membuat betina terkesan karena burung yang lebih keras suaranya terkesan lebih prima.

Ini suara bellbird jika Anda penasaran untuk mendengarkannya:

[Gambas:Youtube]




Simak Video "Dugaan di Balik Kebakaran Hutan Amazon"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/afr)