Senin, 06 Jan 2020 06:01 WIB

Seputar Ikan Aligator, Predator Air Tawar yang Gigit Tangan Balita di Bandung

Lusiana Mustinda - detikInet
Ikan aligator yang memiliki gigi tajam. Foto: iStock
Jakarta - Ikan aligator menjadi salah satu ikan yang berbahaya. Di Lapas Perempuan Bandung, ikan ini telah menggigit tangan seorang balita. Mengapa ikan aligator berbahaya?

Ikan aligator (Gar Buaya) adalah spesies terbesar dalam keluarga gar dan di antara ikan air tawar terbesar di Amerika Utara. Ikan ini memiliki nama ilmiah Aractosteus Spatula.



Ikan aligator yang berada di kolam Lapas Perempuan Bandung ini telah memakan korban. Seorang balita berusia 1,5 tahun bernama Zishan Ochean Barra mengalami luka di bagian jari tangan akibat digigit ikan aligator.

Memiliki moncong yang mirip seperti buaya, seperti apa sih ikan aligator? Berikut beberapa fakta tentang ikan aligator:



1. Jenis-jenis Ikan Aligator

Ikan aligator memiliki daging yang sangat sedikit dan lebih banyak tulang sehingga jarang dikonsumsi. Selain itu, ikan aligator ini juga sangat berbahaya karena giginya yang sangat tajam dan bersifat agresif.


Ada beberapa jenis ikan aligator yakni:

- Ikan Aligator Spatula: Salah satu jenis ikan aligator terbesar di dunia. Ikan aligator ini bisa tumbuh di aliran sungai hingga danau.

- Ikan Aligator Longnose: Bentuk moncong yang panjangnya hampir dua kali panjang kepalanya.

- Ikan Aligator Berbinting: Ikan aligator ini memiliki corak berbintik di tubuhnya dengan warna zaitun hingga cokelat.


Ikan aligator yang gigit jari balita.Ikan aligator yang gigit jari balita. Foto: iStock

2. Dilarang Dirawat dan Dipasarkan

Ikan aligator merupakan jenis ikan yang dilarang dirawat, dipasarkan hingga dilepasliarkan. Hal ini sesuai dengan Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 14 Tahun 2014 tentang Karangan Pemasukan Jenis Ikan Berbahaya dan Invasif di Perairan Indonesia.


3. Ikan Raksasa

Ikan aligator yang sudah berusia tahunan bisa memiliki panjang hingga 2,5 meter dengan berat sekitar 148 Kg. Jika ukurannya sudah besar, moncongnya akan mirip seperti buaya dan sangat berbahaya jika sampai menggigit manusia.


4. Susah Berkembang Biak

Ikan aligator yang berbahaya ini sulit berkembang biak. Bahkan dalam pembudidayaan ikan aligator ini harus disuntik hormon agar mau memijah.


5. Bahaya Digigit Ikan Aligator

Giginya yang tajam dan runcing membuat siapapun yang tergigit bisa berdarah bahkan mengalami luka robek di bagian tubuh yang digigit. Seperti balita yang jarinya digigit ikan aligator di Lapas Wanita Bandung jarinya harus dijahit sebanyak dua jahitan.





Simak Video "Kalapas Wanita Bandung Buka Suara soal Balita Digigit Ikan Aligator"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/erd)