Minggu, 05 Jan 2020 21:35 WIB

Duh, NASA Kehilangan Wahana Pemburu Planet Baru

Virgina Maulita Putri - detikInet
Ilustrasi wahana antariksa NASA Asteria. Foto: Photo by NASA on Unsplash
Jakarta - Awan mendung datang menyelimuti Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) di awal 2020. Hal itu dikarenakan Asteria, wahana pencari planet milik NASA, dilaporkan hilang.

Dilansir detikINET dari Cnet, Minggu (5/1/2020) Asteria yang merupakan singkatan dari Arcsecond Space Telescope Enabling Research in Astrophysics ini terakhir kali dikontak NASA pada 5 Desember lalu. Hingga sampai sekarang, wahana antariksa tersebut tak diketahui keberadaannya.


Diketahui, Asteria memulai misi mencari planet sejak November 2017, setelah diluncurkan ke orbit dari International Space Station (ISS). Meski ukurannya cukup kecil atau sebesar koper, Asteria punya tugas berat untuk mengamati bintang-bintang yang tiba-tiba tingkat kecerahannya menurun, untuk mencari indikasi adanya planet di sekitar bintang tersebut.

Dengan ukurannya yang mungil, Asteria berhasil menyelesaikan misi utamanya pada awal 2018 dan terus melanjutkan tiga misi tambahan berikutnya. Kendati begitu, saat itu, NASA masih berharap bisa mengumpulkan lebih banyak data tentang exoplanet.

NASA pun belum sepenuhnya menyerah. Mereka akan terus mencoba mengontak Asteria hingga bulan Maret mendatang.



Saat ini para ilmuwan sedang mempelajari data yang dikirimkan oleh CubeSat itu, melihat kemungkinan apakah satelit tersebut berhasil mendeteksi keberadaan planet baru.

"Walau kita kecewa karena telah kehilangan kontak dengan wahana tersebut, kami sangat senang dengan semua pencapaian yang dilakukan CubeSat mengesankan ini," kata Program Manager Asteria Lorrain Fesq.

Simak Video "Bocah Magang di NASA Temukan Planet Baru"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/agt)