9 Fakta Aneh dan Mengerikan Tentang Planet Venus

9 Fakta Aneh dan Mengerikan Tentang Planet Venus

Fino Yurio Kristo - detikInet
Jumat, 03 Jan 2020 22:31 WIB
Planet Venus. Foto: NASA
Jakarta - Planet Venus adalah salah satu obyek paling menarik di Tata Surya. Berikut beberapa fakta aneh dan mengerikan mengenai planet yang sering disebut sebagai Bintang Kejora tersebut, dikutip dari Space.com, Jumat (3/1/2019)

1. Ada Ribuan Gunung Berapi

Terdapat lebih banyak gunung berapi di Planet Venus dibandingkan di seluruh planet lain di Tata Surya kita. Setidaknya ada 1.600 gunung api di permukaannya dan mungkin lebih banyak lagi yang ukurannya terlalu kecil untuk dilihat dari Bumi. Ilmuwan menyatakan kebanyakan gunung api itu kemungkinan tidak aktif.

2. Satu Hari Sangat Lama

Satu hari di Planet Venus setara dengan 243 hari di Planet Bumi. Itulah waktu yang dibutuhkan Venus untuk berotasi. Sedangkan setahun di Venus, yaitu periode revolusi mengitari Matahari lebih pendek, yakni 224,7 hari di Bumi.

3. Kembaran Bumi

Dari seluruh planet di Tata Surya, Venus disebut paling mirip Bumi. Ukurannya hampir sama, begitupun komposisinya. Orbit Venus pun paling dekat dengan Bumi. Kedua dunia permukaannya relatif muda dan juga memiliki atmosfer tebal. Namun atmosfer Venus didominasi asam sulfur beracun.


4. Panas Luar Biasa

Karena sebagian atmosfer terbuat dari karbondioksida, efek rumah kaca ekstrem menimpa permukaan Venus. Temperaturnya bisa menembus 470 derajat Celcius sehingga tak mungkin mendaratkan wahana apapun di sana yang bisa berumur lama.



Simak Video "Ada Suara Misterius yang Terdeteksi dari Planet Venus"
[Gambas:Video 20detik]