Jumat, 03 Jan 2020 14:07 WIB

Teknologi Canggih Gorong-gorong Raksasa yang Ditampik Anies

Fitraya Ramadhanny - detikInet
Teknologi Gorong-gorong Rakasa yang Ditampik Anies (SMART Tunnel/MMC-Gamuda)
Jakarta - Gorong-gorong raksasa untuk mengatasi banjir, adalah solusi yang ditampik Gubernur DKI Anies Baswedan. Yuk kita kenali secanggih apa teknologinya.

"Ini melawan sunatullah, kenapa? Air itu turun dari langit ke bumi, bukan ke laut. Harusnya dimasukan ke dalam bumi, ke dalam tanah. Di seluruh dunia, air jatuh itu dimasukkan ke tanah. Bukan dialirkan pakai gorong-gorong raksasa ke laut. Jakarta telah mengambil keputusan yang fatal," begitulah pidato Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang videonya viral lagi di internet.

Ketika akhirnya Jakarta diterjang banjir awal tahun 2020, warga mempertanyakan kebijakan Anies. Video viral itu membuat orang bertanya-tanya, seperti apa teknologi gorong-gorong raksasa itu?



Teknologi Canggih Gorong-gorong Rakasa yang Ditampik AniesFoto: (SMART Tunnel)

Ternyata, tidak usah jauh-jauh ke Eropa atau Amerika. Negeri Jiran Malaysia sudah menggunakan teknologi gorong-gorong raksasa di Ibukota Kuala Lumpur. Dilihat detikINET dari situs resminya, Jumat (3/1/2019) nama teknologi gorong-gorong raksasa ini adalah Stormwater Management And Road Tunnel (SMART Tunnel).

Ketika Jakarta masih berdebat soal solusi banjir, Kuala Lumpur sudah menikmati teknologi gorong-gorong raksasa ini sejak tahun 2007. Gorong-gorong ini membentang sepanjang 9,7 km, terpanjang di Asia Tenggara dan nomor 2 terpanjang di Asia. Ongkos bikinnya adalah Rp 7,1 triliun.

Selanjutnya
Halaman
1 2