Minggu, 29 Des 2019 17:30 WIB

Terpopuler Pekan Ini: Gerhana Indah di Akhir Tahun

Fitraya Ramadhanny - detikInet
Gerhana Indah di Akhir Tahun (Antara Foto)
Jakarta - Akhir tahun 2019 jadi meriah lantaran terjadinya fenomena alam langka. Gerhana Matahari Cincin lewat di Indonesia dan baru akan terulang 54 tahun lagi.

Minggu ini begitu berkesan bagi banyak orang terutama di Sumatera karena ada peristiwa Gerhana Matahari Cincin pada Kamis, 26 Desember 2019. Seluruh wilayah Indonesia kebagian, inilah yang membuat masyarakat antusias.



Bedanya cuma kadar gerhananya saja. Sinabang, Padang Sidempuan, Siak, Batam, Singkawang, Tanjungredep dan Tanjungselor bisa menikmati 100% Gerhana Matahari Cincin. Sementara sisanya bisa menikmati Gerhana Matahari Sebagian.

Sejak seminggu sebelumnya, sudah banyak publikasi mengenai Gerhana Matahari Cincin jam berapa, kapan dan di mana. Beberapa daerah pun menyiapkan acara khusus kolaborasi antar pihak.

Terpopuler Pekan Ini: Gerhana Indah di Akhir TahunFestival Gerhana Matahari Cincin di Siak (Chaidir Tanjung/detikcom)


LAPAN dan Pemkab Siak membuat Festival Gerhana Matahari. Obervatorium Bosscha bikin acara nonton bareng di Bandung. Pun demikian dengan Planetarium Jakarta dan PP Iptek TMII.

Pada hari yang ditentukan, masyarakat begitu antusias menonton di berbagai wilayah Indonesia. Yang tidak kebagian karena faktor cuaca dan lain-lain, bahkan bisa menonton live streaming dengan aman.

Gerhana Matahari Cincin 2019 menjadi momen asyik bagi semua orang, anak-anak dan dewasa untuk mengamati langsung fenomena ilmiah dan belajar astronomi. Selain di Indonesia, Gerhana Matahari Cincin juga dinikmati Arab Saudi, India, Sri Lanka, Pakistan, Singapura, Malaysia dan Filipina.

Terpopuler Pekan Ini: Gerhana Indah di Akhir TahunPemantauan Gerhana Matahari Cincin di TMII (detikINET/Aisyah Kamaliah)


Pakar astronomi dari Singapore Science Center mengatakan, kejadian ini baru akan terulang pada 28 Februari 2063, atau 54 tahun lagi. Wow!

Tapi gerhana kan bukan cuma matahari, ada juga gerhana bulan. LAPAN mengatakan pada 10 Januari 2020 akan ada Gerhana Bulan Penumbra yang sulit dilihat karena posisi Bulan yang lebih jauh dari bumi.

Kemudian pada 26 Mei 2021 ada Gerhana Bulan Total di Indonesia Timur. Pada 20 April 2023 akan ada Gerhana Matahari Hibrida. Ini adalah perpaduan Gerhana Matahari Cincin dan Gerhana Matahari Total. Sampai jumpa di gerhana selanjutnya!



Simak Video "Penampakan Gerhana Matahari Cincin di Berbagai Penjuru Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/fay)