Jumat, 27 Des 2019 12:37 WIB

Tahun 2023 Akan Ada Gerhana Matahari Hybrid, Apaan Tuh?

Aisyah Kamaliah - detikInet
Tahun 2023 Akan Ada Gerhana Matahari Hybrid (detikINET/Aisyah Kamaliah) Tahun 2023 Akan Ada Gerhana Matahari Hybrid (detikINET/Aisyah Kamaliah)
Jakarta - Usai sudah rakyat Indonesia menikmati Gerhana Matahari Cincin di penghujung 2019. Nanti tahun 2023 akan ada yang lebih dahsyat lagi.

Setelah hebohnya fenomena Gerhana Matahari Cincin, Kepala Divisi Operasi PP IPTEK TMII Setyo Purnomo mengatakan bahwa akan ada lagi fenomena unik yang terjadi pada beberapa tahun mendatang.


"Tiap tahunnya pasti ada tetapi apakah itu gerhana matahari apakah itu gerhana bulan, apakah gerhana matahari total cincin atau sebagian. Tinggal itu saja," ujarnya kepada media di TMII, Jakarta, Kamis (26/12/2019) kemarin.

"Tapi kalau dari informasi yang saya dapat, gerhana yang akan terjadi April 2023 adalah GMC (Gerhana Matahari Cincin) berbarengan dengan GMT (Gerhana Matahari Total)," ungkapnya.

Tahun 2023 Akan Ada Gerhana Matahari Hybrid, Apaan Tuh?Menikmati Gerhana Matahari Cincin di TMII (detikINET/Aisyah Kamaliah)


Waduh, bakal kayak apa tuh?

Setyo menjelaskan Gerhana Matahari Cincin bisa lebih dulu terjadi, namun hal sebaliknya juga bisa dapat terjadi lebih dulu. Semuanya pun menjalani fase-fase tertentu.

"Prosesnya kayak tadi saja. Kan prosesnya terbentuknya gerhana ini kan bertahap, makanya terjadi cincin itu tergantung dari posisi bulan tadi. Kalau nggak, bisa jadi cincin dulu baru total," tutupnya.



Tahun 2023 Akan Ada Gerhana Matahari Hybrid, Apaan Tuh?


Simak Video "Penampakan Gerhana Matahari Cincin di Berbagai Penjuru Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)