Kamis, 26 Des 2019 12:14 WIB

Lihat Gerhana Matahari Cincin Lewat Smartphone dan Pantulan Air, Boleh?

Aisyah Kamaliah - detikInet
Melihat gerhana matahari cincin di Jakarta (detikINET/Aisyah Kamaliah)
Jakarta - Gerhana Matahari Cincin sedang berlangsung di langit Indonesia. Boleh tidak sih melihat gerhana dengan perantara smartphone dan pantulan air?

Bagi yang ingin menyaksikan sendiri Sri Wahyu Cahya Ningsih, Staf Sub Divisi Program Pendidikan PP Iptek menjelaskan pengamatan sendiri, boleh-boleh saja dilakukan.

"Mau mengamat sendiri itu bisa tapi harus ada alat bantu buat pengamannya karena kita nggak boleh lihat matahari secara langsung kan, jadi harus pakai filter," jelasnya di Pusat Peragaan Iptek, TMII, Jakarta Timur, Kamis (26/12/2019).

Untuk pantulan air, menurut Wahyu kurang aman, jadi tidak disarankan. "Itu nggak aman, karena air masih memantulkan cahayanya kan ada banyak banget kan, itu tidak disarankan," kata dia.
Kalau dari smartphone? Wahyu menyebutnya boleh, namun tetap harus menggunakan filter karena kalau kamera HP langsung ke Matahari, mata juga bisa mengalami kerusakan.

"Filter bentuknya boleh kacamata, atau filter untuk teleskop. Kalau untuk kamera ada filter juga disesuaikan diameter lensanya juga," sambungnya.

Kalau mau lebih aman, Wahyu menuturkan adanya layanan live streaming dari LAPAN yakni situs gerhanaindonesia.id dari pemantauan di daerah Siak. Ini mudah diakses melalui smartphone.

Diketahui Gerhana Matahari Cincin akan melewati sebagian wilayah di Indonesia seperti Padang Sidempuan, Duri, Batam, Siak, Karimun Besar, Tanjung Batu, Bintan, Tanjung Pinang, Singkawang, Pemangkas, dan Sambas. Sementara daerah lain akan mengalami Gerhana Matahari Sebagian mencapai 72% dengan puncak terjadi sekitar pukul 12.36 WIB.



Simak Video "Edi Brokoli Sebut Gerhana Matahari Cincin Adalah Tanda dari Tuhan"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)