Heboh Pesawat Antariksa Capai Tepi Tata Surya Hingga Dekati Matahari

Heboh Pesawat Antariksa Capai Tepi Tata Surya Hingga Dekati Matahari

Fino Yurio Kristo - detikInet
Selasa, 24 Des 2019 13:02 WIB
Ilustrasi Parker Solar Prober. Foto: NASA
Jakarta - Tahun 2019, setidaknya ada dua peristiwa monumental soal pesawat antariksa milik NASA. Salah satunya mencapai tepi Tata Surya dan yang lainnya mendekati Matahari. Berikut rangkumannya.

1. New Horizons Tembus Tepi Tata Surya

Pesawat luar angkasa NASA, New Horizons, dipastikan berhasil menempuh perjalanan terjauh yang pernah dikendalikan umat manusia, yaitu sampai ke sebuah obyek di tepi tata surya.

Januari 2019, pesawat bertenaga nuklir itu telah terbang sejauh 6,4 miliar kilometer dari Bumi untuk mendatangi sebuah obyek bernama Ultima Thule. Ultima Thule adalah batu antariksa misterius sepanjang 32 kilometer yang berada di Kuiper Belt, di luar orbit planet Neptunus.


Wilayah itu begitu jauhnya dari Bumi sehingga perlu enam jam bagi sinyal komunikasi mencapai Bumi dengan kecepatan cahaya. Para engineer NASA di Johns Hopkins Applied Physics Laboratory di Maryland bersorak ketika sinyal pertama pesawat itu sampai ke Bumi.

"Pesawat itu dalam keadaan sehat," sebut Mission Operations Manager, Alice Bowman. Semua sistem termasuk kamera New Horizons, bekerja dengan baik.
Heboh Pesawat Antariksa Capai Tepi Tata Surya Hingga Dekati MatahariUltima Thule. Foto: NASA

"Kami telah berhasil menyelesaikan penerbangan terjauh ini. Kami siap menerima transmisi dari Ultima Thule untuk membantu kita memahami asal dari tata surya kita," tambahnya.

Diluncurkan Januari 2006, New Horizons pernah melakukan misi mengambil gambar Pluto pada 2015, sebelum ke Ultima Thule. Sekarang, New Horizons akan mempelajari soal atmosfer dan permukaan Ultima Thule untuk mencari petunjuk soal terbentuknya Tata Surya beserta para planet.

"Kemarin malam, pesawat antariksa Amerika Serikat, New Horizons, melangsungkan eksplorasi terjauh dalam sejarah umat manusia dan melakukannya dengan spektakuler," klaim Alan Stern, Principal Investigator New Horizons.


Simak Video "Penampakan Aktivitas Matahari Selama 10 Tahun"
[Gambas:Video 20detik]