Selasa, 17 Des 2019 06:00 WIB

Ikan Wakanda Ditemukan di Afrika

Fitraya Ramadhanny - detikInet
Ikan Wakanda (Luiz Rocha © 2018 California Academy of Sciences)
Jakarta - Wakanda adalah negeri fiktif superhero Black Panther. Namun ilmuwan menemukan spesies baru ikan Wakanda. Kok bisa?

Inilah publikasi riset terbaru dari California Academy of Sciences. Mereka mengumumkan penemuan 71 spesies hewan baru sepanjang 2019.
Salah satunya adalah ikan Vibranium Fairy Wrasse dengan nama latin Cirrhilabrus wakanda. Ikan ini ditemukan hasil penelitian Luiz Rocha, Bart Shepherd dan Hudson Pinheiro. Dalam laporan ilmiah yang dilihat detikINET, Selasa (17/12/2019).

Mereka menjumpai ikan ini di sisi timur Pulau Zanzibar, Tanzania, Afrika bagian timur. Ikan Wakanda ini masuk ke jenis ikan Wrasse, dari famili Labridae yang kebanyakan spesiesnya berwarna cerah dan cantik.
Ikan Wakanda Ditemukan di AfrikaIkan Wakanda (Luiz Rocha © 2018 California Academy of Sciences)
Ini adalah ikan perairan dangkal yang hidup di antara terumbu karang, termasuk di Pulau Zanzibar yang masuk dalam Samudera Hindia sebelah barat. Ikan ini ada di kedalaman 50-80 meter.

Kenapa disebut Wakanda? Kalau melihat corak warna ikannya yang silver, biru, merah, mirip dengan logam Vibranium dari film Captain America dan Black Panther buatan Marvel.

Dalam ceritanya, logam Vibranium berasal dari negara Wakanda. Penamaan ini tentu juga untuk penghormatan terhadap cerita superhero Black Panther. Negeri Wakanda ini menurut komik ada di sebelah utara Tanzania.



Simak Video "Drone Dimanfaatkan Petani Tanzania Pelihara Tanaman Padi"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/fay)