Ikan Penis dan 4 Hewan Lain Berwujud Alat Kelamin Pria

Ikan Penis dan 4 Hewan Lain Berwujud Alat Kelamin Pria

Fitraya Ramadhanny - detikInet
Senin, 16 Des 2019 16:45 WIB
Ikan penis (iStock)
Jakarta - Ikan penis yang viral di San Francisco, AS, bukan satu-satunya hewan laut yang mirip alat kelamin. Masih ada beberapa hewan unik lain yang bentuknya begitu.

Ikan penis (Urechis unicinctus) jadi pemberitaan dunia karena terdampar di pantai Amerika. Bentuknya unik seperti alat kelamin, namun hewan ini sebenarnya bukan ikan, melainkan cacing dan banyak dikonsumsi di Asia Timur seperti Korea dan China.

Laut memang menyimpan misteri. Ikan penis bukan satu-satunya hewan berbentuk alat kelamin. Dia punya beberapa kolega yang sama anehnya. Dihimpun detikINET, Senin (16/12/2019) berikut adalah daftarnya:


1. Ikan penis

Ikan Penis dan 4 Hewan Lain Berwujud Alat Kelamin PriaIkan penis Urechis unicinctus (Kate Montana/iNaturalist Creative Commons)

Ikan penis (Urechis unicinctus) sering juga disebut sebagai 'penjaga penginapan yang gemuk (fat innkeeper)'. Ikan penis disebut gaebul di Korea Selatan, dan jadi makanan populer karena dipercaya bisa meningkatkan birahi seksual.

Ikan penis mencari mangsa dengan menggali terowongan berbentuk U. Ikan penis mengeluarkan cairan lengket saat air pasang yang digunakan untuk mencari mangsa.

Dilansir dari Bay Nature, cairan tersebut berbentuk seperti bangkai ubur-ubur yang dapat memperangkap plankton, bakteri, hingga biota laut lainnya. Sementara itu, liang yang dibuat ikan penis juga bisa dimanfaatkan oleh kepiting dan udang.

Ikan penis bisa hidup cukup lama hingga mencapai 25 tahun. Ikan penis tercatat ada di fosil yang berusia 300 tahun.