Hewan Aneh dan Langka Ini Makanannya Batu

Hewan Aneh dan Langka Ini Makanannya Batu

Rachmatunnisa - detikInet
Rabu, 11 Des 2019 06:17 WIB
Lithoredo abatanica. Foto: Livescience
Jakarta - Para peneliti menemukan hewan aneh dan langka berupa cacing yang punya nama latin Lithoredo abatanica. Keunikannya, hewan ini memakan batu.

Tapi penemu jenis cacing ini belum mengetahui nutrisi apa yang dapat diambil dari batu yang mereka makan, dan bakteri apa yang terdapat dalam usus mereka untuk membantu melepaskan nutrisi dan memecah batu.

"Kami ingin melihat simbion, bakteri yang hidup di dalam hewan ini, untuk melihat apakah mereka memberikan nutrisi, dan ini adalah area penelitian yang sedang kami fokuskan," kata Reuben Shipway, peneliti postdoctoral dari Marine Science Center di Northeastern University, Massachusetts yang memimpin penelitian, dikutip dari Livescience.



Penampakan hewan ini berbeda dengan cacing pada umumnya. Lithoredo abatanica berbentuk lebih gemuk dan agak transparan. Dikatakan Shipway, cacing ini adalah sejenis cacing kapal.

Disebut demikian, karena cacing kapal memang memakan kayu kapal. Seperti diketahui, kayu sulit dimakan. Namun cacing-cacing ini punya gigi kecil dan tajam sehingga dapat membuat lubang. Kemudian kayu tersebut mereka simpan dan cerna di usus. Berbeda dengan Lithoredo abatanica, cacing yang satu ini memakan batu namun dengan proses yang serupa dengan cacing kapal.

Hewan Aneh dan Langka Ini Makanannya BatuCacing pemakan batu membuat lubang untuk makhluk hidup lain. Foto: Livescience


Awalnya, Shipway dan timnya terkejut mendengar cerita orang-orang di Bohol, Filipina, bahwa ada cacing pemakan batu. Warga setempat menyebut hewan tersebut 'antingaw'. Cacing ini rupanya dimanfaatkan sebagai bahan makanan, karena dianggap baik untuk ibu menyusui.

Menurut Shipway, sebenarnya ada sejumlah kecil hewan yang mengonsumsi batu. Namun menurutnya, Lithoredo abatanica adalah satu-satunya hewan yang makan dan membuat lubang pada batu.

"Cacing Lithoredo abatanica mematahkan batu, mencernanya. Kemudian dikeluarkan menjadi pasir halus," kata Shipway.



Lubang yang dibuat Lithoredo abatanica lantas menjadi habitat hewan lain yang hidup di sungai, termasuk ikan dan kepiting.

"Dengan memakan batu, Lithoredo abatanica punya peran tersendiri di habitat sungai. Cacing ini sangat langka sekaligus menjadi bagian penting dalam proses lingkungan air tawar," tutupnya.

Hewan Aneh dan Langka Ini Makanannya Batu


Simak Video "Ada Hewan Aneh, Warga Kalimatan Utara Kaget"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/fay)