Kapal Perang Legendaris Jerman di Perang Dunia I Ditemukan - Halaman 2

Kapal Perang Legendaris Jerman di Perang Dunia I Ditemukan

Fino Yurio Kristo - detikInet
Senin, 09 Des 2019 22:15 WIB
Kapal perang Scharnhorst. Foto: BBC

Tim periset baru melanjutkannya lagi tahun ini menggunakan peralatan lebih canggih termasuk lima kendaraan bawah air otonom. Mereka menemukan Scharnhorst pada hari ketiga pencarian.

SMS Scharnhost adalah bagian dari skuadron Jerman di Asia Timur yang beroperasi di lautan Pasifik sampai terjadinya Perang Dunia pertama. Scharnhorst berperan penting dalam kemenangan Angkatan Laut Jerman melawan Angkatan Laut Inggris di Battle of Coronel yang berlangsung di Chile.

Itu adalah kekalahan pertama Inggris di Perang Dunia I. Kapal Jerman menenggelamkan dua kapal Inggris yang kehilangan 1.600 nyawa. Tak seorangpun tentara Jerman tewas.


Imperium Inggris pun merencanakan balas dendam. Kapal-kapal Inggris dikerahkan ke Falkland 5 minggu kemudian. Mereka mengejar kapal Jerman dan terlibat pertarungan kembali.

Kapal Perang Legendaris Jerman di Perang Dunia I DitemukanFoto: BBC


HMS Invincible dan HMS Inflexible sukses menenggelamkan kapal Scharnhorts, 860 awaknya tewas di dasar lautan. Selain von Spee, dua putranya ikut tewas di dua kapal lain yang juga dihancurkan Inggris. Total, ada 2.200 tentara Jerman yang meninggal.

Keluarga von Spee menyambut penemuan kapal itu meskipun jelas merasa sedih. "Kami senang bahwa tempat peristirahatan terakhirnya sudah ditemukan sambil mengingat betapa sayangnya nyawa mereka. Sebagai keluarga, kami kehilangan ayah dan dua anaknya di hari yang sama," kata dia. (fyk/fay)