Senin, 09 Des 2019 22:15 WIB

Kapal Perang Legendaris Jerman di Perang Dunia I Ditemukan

Fino Yurio Kristo - detikInet
Kapal perang Scharnhorst. Foto: BBC Kapal perang Scharnhorst. Foto: BBC
Falkland - Berkat teknologi canggih, salah satu kapal perang paling terkenal milik Jerman yang berlaga di Perang Dunia I ditemukan di dasar laut dekat pulau Falkland atau Malvinas.

Kapal Scharnhorst itu hancur dan ditenggelamkan armada Inggris pada 8 Desember 1914. Ada lebih dari 800 kru di dalamnya, termasuk komandan Maximilian Graf von Spee.

Dikutip detikINET dari Live Science, Scharnhorst memimpin serangan laut ke Falklands, tapi dikejutkan oleh armada kapal perang Inggris yang lebih besar. Battle of The Falkland Island itu dimenangkan total oleh Inggris, dengan korban 8 kapal Jerman termasuk Scharnhorst.


Menggunakan kendaraan bawah air otomatis (AUV) yang dioperasikan di kapal Seabed Constructor, periset menemukan bangkai Scharnhorst di kedalaman 1,6 kilometer lautan Atlantik. Setelah dipantau oleh sonar, diturunkan perangkat otonom lain untuk merekam video.
Kapal Perang Legendaris Jerman di Perang Dunia I DitemukanFoto: BBC

"Kami kadang cuma seperti mengejar bayangan di dasar laut. Mendadak kapal itu muncul dengan senjatanya yang besar. Sebagai warga Falkland dan arkeolog, penemuan signifikan ini adalah momen tak terlupakan," cetus Mensun Bound, ilmuwan yang memimpin penelitian.

Pencarian sang kapal sudah pernah dilakukan pada 5 tahun silam, dalam peringatan 100 tahun Battle of the Falkland Island. Kala itu, kegagalan mereka alami.
Selanjutnya
Halaman
1 2