Selasa, 26 Nov 2019 08:02 WIB

NASA Jajal Robot Pemburu Alien Bawah Air

Fino Yurio Kristo - detikInet
Uji coba rover bawah air NASA. Foto: NASA Uji coba rover bawah air NASA. Foto: NASA
Jakarta - Lembaga antariksa NASA baru saja memamerkan kendaraan robotika bawah air yang suatu hari nanti diharapkan dapat memburu alien yang ada di perairan luar angkasa.

Dinamakan Buyant Rover for Under-Ice Exploration (BRUIE), robot ini sedang diuji coba di Antartika. Targetnya nanti, BRUIE dapat menjelajah obyek luar angkasa yang diduga mengandung air, misalnya di Europa yang adalah bulan Planet Jupiter.

"Lapisan es di lautan yang jauh itu bisa jadi adalah jendela laut di bawahnya. Di Bumi ini, es yang melapisi lautan kutub punya peranan yang sama," kata Kevin Hand, ilmuwan kepala NASA.


Awal bulan ini, dikutip detikINET dari Fox News, NASA mengumumkan bahwa untuk pertama kalinya, mereka mendeteksi ada uap air di Europa. Karena ada air, bisa jadi ada makhluk hidup di sana.
NASA Jajal Robot Pemburu Alien Bawah AirFoto: NASA

Rover sepanjang 1 meter itu memiliki dua roda dan bisa berlalu lalang di kedalaman air untuk mengambil foto serta mengumpulkan data dalam waktu yang lama. Ia dirancang dapat bertahan di tengah terjangan arus.

"BRUIE tahan terhadap arus air. Ia juga dapat secara aman menghemat daya, hanya menyala saat diperlukan untuk melakukan analisis sehingga ia dapat menghabiskan waktu bulanan mengobservasi lingkungan bawah air," papar Andy Klesh, salah satu ilmuwan NASA.

BRUIE memiliki instrumen untuk mengukur parameter yang berhubungan dengan kehidupan termasuk oksigen, keasinan air, tekanan dan sebagainya. NASA telah mengkonfirmasi bahwa mereka akan menggelar misi ke Eropa, yang mungkin diterbangkan paling cepat pada tahun 2023.



Simak Video "Video NASA Detik-detik Merkurius Lintasi Matahari"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)