Jumat, 22 Nov 2019 06:17 WIB

5 Kisah Hidup Charles Darwin, Bapak Teori Evolusi

Tasya Awlia - detikInet
5 Kisah Hidup Charles Darwin, Bapak Teori Evolusi/Foto: iStock 5 Kisah Hidup Charles Darwin, Bapak Teori Evolusi/Foto: iStock
Jakarta - Charles Darwin adalah seorang naturalis, ahli geologi, dan ahli biologi inggris. Dia juga tokoh yang berpengaruh dalam teori evolusi.

Meskipun Darwin terkenal sebagai Bapak Teori Evolusi, mungkin banyak yang belum mengetahui kisah hidupnya:

Berikut 5 Kisah Hidup Charles Darwin:



1. Dilahirkan Dari Keluarga Kaya

Charles Darwin dilahirkan di Shrewburry, Inggris. Pada 1809 dan merupakan anak ke-5 dari 6 bersaudara. Kedua orangtuanya seorang dokter yang kaya dan keduanya berasal dari keluarga Inggris yang terkemuka.

Berkat kekayaan orang tuanya, Darwin menikmati kenyamanan dan mempunyai akses untuk mendapatkan fasilitas-fasilitas pendidikan yang bagus. Karena kecintaannya pada dunia biologi, Darwin mengambil kuliah studi kedokteran, namun ia meninggalkan studi kedokterannya karena merasa tidak cocok. Kemudian ia bertemu Jhon Edmonstone yang mengajarinya ilmu mengawetkan binatang. Hal ini yang membuatnya tertarik menjadi seorang naturalis.

2. Pendukung Teori Kakeknya

Charles Darwin mempunyai kakek yang bernama Erasmur Darwin yakni seorang dokter Inggris. Erasmur dikenal dengan sebagai seorang ahli filsafat alam, naturalis, dan banyak mempunyai teori evolusi.

Saat masih kuliah, Darwin bergabung dalam komunitas para naturalis. Ia menjadi murid Jean Baptiste Lamarck yang menggunakan salah satu teori evolusi Erasmus Darwin. Dalam bimbingan Jean, Darwin ikut serta dalam penelitian terutama mengenai siklus hidup binatang laut.

3. Pelayaran Keliling Dunia

Jhon Stevens Henslow menjadi mentor Darwin saat kuliah, dan merekomendasikannya menjadi naturalis dalam pelayaran HMS Beagle pada 1831-1836.

Pelayaran yang berjalan selama 5 tahun, Darwin menghabiskan waktunya untuk menjelajahi daratan. Ia menyelidiki beraneka ragam penampilan geologis, fosil, dan organisme hidup, serta bertemu beraneka ragam manusia, seperti masyarakat lokal dan kolonial.

Darwin banyak mengumpulkan specimen, dan di antaranya banyak yang baru bagi ilmu pengetahuan. Lalu ia membuat catatan yang terinci untuk membangun teori dan membentuk dasar bagi seorang naturalis.



4. Menerbitkan Buku The Origin of Species

Pada 1859 Darwin merilis buku berjudul The Origin of Species yang isi bukunya menjelaskan proses evolusi makhluk hidup.

Pendapat tentang teori Darwin mengundang kontroversi. Salah satu teori evolusi Darwin yakni manusia berasal dari kera. Teori ini berdasarkan penemuan tulang hewan dan manusia purba, dan DNA kera yang sangat mirip dengan manusia. Sehingga banyak yang tidak terima dan mengecam teori Darwin yang satu ini, termasuk umat Islam yang mempercayai bahwa manusia pertama adalah Nabi Adam dan hal tersebut sangat bertentangan dengan kepercayaan umat Islam.

Salah satu rekannya yang mendukung mengenai buku tersebut adalah seorang ahli biologi bernama Thomas Henry Huxley.


5. Kematian Charles Darwin

Charles Darwin meninggal pada 1882 dan dimakamkan di Westminster Abbey, bersama tokoh penting lainnya.

Teori evolusi yang dicetuskan oleh Charles Darwin membuka wawasan untuk memberikan jawaban asal-usul makhluk hidup dari sisi ilmiah. Salah satu alasan pendukung teori Darwin adalah rekan Charles Darwin, Thomas Hendry.



Simak Video "3 Aplikasi Ini Bisa Menyadap WhatsApp"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/nwy)