Selasa, 19 Nov 2019 09:25 WIB

China Bikin Stasiun Antariksa Permanen Buat 'Rumah' Astronaut

Fino Yurio Kristo - detikInet
Ilustrasi. Foto: NASA Ilustrasi. Foto: NASA
Jakarta - China sedang membangun stasiun antariksa permanen yang akan mulai dioperasikan pada tahun 2022. Demikian dikabarkan oleh kantor berita China, Xinhua.

Saat selesai, stasiun itu beratnya 100 ton dan bisa mengakomodasi sampai 3 orang astronaut. Sebagai perbandingan, International Space Station (ISS) yang saat ini ada di orbit Bumi beratnya sekitar 460 ton dan bisa menampung 6 orang.

"Tujuan utama dari konstruksi stasiun antariksa adalah membuat China menjadi negara yang independen dalam menguasai teknologi untuk penerbangan berawak di dekat Bumi," kata Zhou Jianping, pemimpin proyek besar tersebut.


China sudah pernah meluncurkan prototipe stasiun antariksa pada tahun 2011 dengan nama Tiangong. Akan tetapi, dikutip detikINET dari South China Morning Post, China hilang kontak dengannya dan tidak dapat dikendalikan lagi.

China kian ambisius dalam perlombaan antariksa. Beberapa waktu silam, Ilmuwan antariksa China mengaku telah melakukan penelitian dalam rangka mengirimkan astronaut pertama ke Bulan. Bahkan mereka berani sesumbar, menaklukkan satelit Bumi tersebut bukanlah sesuatu yang sukar.

"Mengirimkan orang China ke Bulan tidak akan menjadi banyak masalah," kata Wu Weiren dari Chinese Academy of Engineering dalam sebuah event di Guandong. Wu adalah desainer dalam program pengiriman wahana China ke Bulan.

China mungkin ingin mengatakan keberhasilan Amerika Serikat mengirimkan astronaut pertama ke Bulan 50 tahun silam dapat juga mereka lakukan. Namun, Wu tidak mengungkap kapan China akan mengirim astronautnya ke sana.



Simak Video "Amerika, Italia, dan Rusia Lakukan Misi di Ruang Angkasa"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/afr)