Senin, 18 Nov 2019 06:11 WIB

Ilmuwan Temukan Bintang Melaju dengan Kecepatan Super

Fino Yurio Kristo - detikInet
Ilustrasi. Foto: istimewa Ilustrasi. Foto: istimewa
Jakarta - Sebuah bintang ditemukan berkelana dalam kecepatan amat tinggi di alam semesta, setelah ia diduga 'ditendang' oleh lubang hitam.

Begitu cepatnya sehingga nanti bintang tersebut akan keluar dari galaksi Bima Sakti dan takkan pernah kembali. Ilmuwan menyebut ia dilontarkan oleh lubang hitam yang berada di pusat Bima Sakti.

Dikutip detikINET dari Independent, bintang bersangkutan terlacak di konstelasi Grua oleh periset di Carnegie Mellon University. Pergerakannya 10 kali lebih cepat dibanding kebanyakan bintang lain di galaksi kita.


"Kecepatan dari bintang tersebut begitu tinggi sehingga tak bisa terhindarkan ia akan meninggalkan galaksi dan tidak kembali," ujar Douglas Boubert, akademisi Oxford University yang membantu studi ini.

Bintang misterius semacam itu jarang ditemukan. Ia terlempar dari lubang hitam di tengah galaksi Bima Sakti yang disebut sebagai Sagittarius A.

Periset menjelaskan, dua bintang bergerak terlalu dekat ke lingkungan ekstrim Sagittarius A. Saat mereka jatuh ke gravitasi ekstrim sekitar lubang hitam, satu bintang tertelan, tapi satunya lagi terpental dalam proses yang disebut Hills Mechanism.

"Ini adalah pertunjukan jelas pertama aksi Hills Mechanism. Melihat bintang ini amat mengagumkan karena kita tahu ia terbentuk di pusat galaksi, sebuah tempat yang sangat berbeda dari lingkungan kita," tutur Ting Li dari Carnegie Observatories and Princeton University.

Lebih menarik lagi, peristiwa terlemparnya sang bintang diperkirakan terjadi 5 juta tahun silam. Meskipun kecepatannya amat tinggi, sekitar 3,7 juta mil per jam, Bima Sakti yang maha luas tetaplah jarak yang begitu jauh untuknya.




Simak Video "Pengacara Pengibar Bintang Kejora: Kesalahan yang Dicari-cari Hakim"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fyk)