Kamis, 31 Okt 2019 10:11 WIB

Heboh, Komet 'Alien' Diduga Mengandung Air

Fino Yurio Kristo - detikInet
Ilustrasi. Foto: (iStock) Ilustrasi. Foto: (iStock)
Jakarta - Sebuah komet bernama 21/Borisov menarik perhatian lantaran berasal dari luar Tata Surya kita atau malah dari deep space nun jauh di sana. Penemuan terbaru lebih mengejutkan karena komet 'alien' itu diduga mengandung air.

Dikutip detikINET dari New Scientist, jika terkonfirmasi benar, maka inilah pertama kalinya air dari sistem planet lain terdeteksi di Tata Surya. Borisov yang terlacak Agustus silam memmang jadi obyek penelitian astronom sebelum menjauh.

Adam McCay dan koleganya dari Goddard Space Flight Center NASA mendapatkan jackpot. Menggunakan instrumen untuk mempelajari sinar yang direfleksikan Borisov, ditemukan jumlah besar oksigen di sekitar komet, kemungkinan sebagai hasil adanya es yang solid menjadi gas karena panas Matahari.


"Jika molekul air menyublim di permukaannya, maka itu menjadi uap air," sebut McKay. Terindikasi bahwa saat ini, komet tersebut memproduksi sampai 19 kilogram air per detik.

Kemungkinan eksistensi air di luar Tata Surya sudah ditemukan sebelumnya, tapi belum pernah sedekat ini. "Ini akan menjadi 'paket' pertama air dari sistem planet lain," ujar Alan Fotzsimmons, akademisi dari Queen's University Belfast.

Selain air, adanya oksigen bisa disebabkan hal lain, misalnya terkait karbondioksida dan karbonmonoksida. Akan tetapi sejauh ini, pertanda yang ada menunjukkan kecenderungan air eksis lebih kuat. Jika benar, maka bisa menambah wawasan soal kemungkinan ada kehidupan di luar Bumi.

Borisov sendiri terbentuk di sebuah bintang yang jauh dan tak diketahui. Pada miliaran tahun silam, sesuatu mungkin 'menendangnya' dari orbitnya dan akhirnya terdampar di sini. Ia adalah obyek antar bintang kedua yang ditemukan setelah obyek lain bernama Oumuamua.



Simak Video "Siapa Tahu Butuh! Ini Lokasi Tempat Berburu Alien"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/jsn)