Rabu, 30 Okt 2019 09:41 WIB

Ilmuwan Klaim Temukan 'Taman Eden' Asal Nenek Moyang Manusia

Fino Yurio Kristo - detikInet
Halaman 1 dari 2
Danau Makgadikgadi sekarang. Foto: Live Science Danau Makgadikgadi sekarang. Foto: Live Science
Jakarta - Para ilmuwan ini mengklaim menemukan tempat yang menjadi asal usul manusia yang mereka juluki Taman Eden. Letaknya di Botswana, Afrika.

Dalam studi besar baru soal DNA, periset itu coba mencari asal usul manusia dari sisi sains. Danau kuno Makgadikgadi di Botswana selatan yang sekarang kering kerontang, mereka klaim sebagai tempat di mana manusia modern pertama berkembang pada sekitar 200 ribu tahun silam.

Pada saat itu, arena bersangkutan basah dan subur, ada ikan dan juga mamalia semacam jerapah, singa dan zebra. Nenek moyang manusia disebut tinggal di sana selama 70 ribu tahun, sampai iklim lokal berubah.


Mereka pun mulai berpindah ke tanah subur di sekitar lokasi itu sampai bermigrasi ke luar Afrika. "Jelas bahwa manusia modern tampaknya muncul di Afrika sekitar 200 tahun yang lalu," kata profesor Vannes Hayes yang memimpin riset ini.

"Apa yang menjadi debat panjang adalah lokasi persis dari kemunculan tersebut dan perpindahan selanjutnya dari nenek moyang awal kita," imbuhnya, dikutip detikINET dari IOL.

Dalam studi ini, ilmuwan mengambil sampel DNA mitochindrial dari 1.217 orang Afrika. Tidak seperti DNA nuclear yang separuh-separuh berasal dari gen ibu dan ayah, DNA mitochondrial hanya diturunkan dari ibu.

(ke halaman selanjutnya) (fyk/fay)