Sabtu, 26 Okt 2019 22:45 WIB

Seperti Apa Rasanya Masuk Lubang Hitam? NASA Punya Gambarannya

Rachmatunnisa - detikInet
Foto: Livescience Foto: Livescience
Jakarta - Kalau kalian pernah terpikir bagaimana rasanya mengunjungi black hole atau lubang hitam, NASA coba menjelaskannya dalam sebuah tayangan video, sehingga kalian bisa tahu seperti apa gambarannya.

Lubang hitam memang jadi objek paling menarik di luar angkasa. Objek ini sangat padat dan memiliki gaya gravitasi yang sangat kuat, sehingga bisa menarik apa pun yang ada di dekatnya.



Video 'Black Hole Safety' NASA menjelaskan, apa itu lubang hitam, bagaimana menemukan salah satunya, dan jarak yang aman agar tidak jatuh ke dalamnya.

"Lubang hitam adalah objek fisik di luar angkasa, sama seperti benda angkasa lainnya. Lubang hitam terdiri dari titik kecil, namun masif di mana ruang gravitasi dan kepadatan tak terbatas, garis di mana segala sesuatu, termasuk cahaya, bisa jatuh tersedot ke titik kecil itu," demikian penjelasan NASA dalam videonya.

Semakin dekat suatu benda ke lubang hitam, maka akan semakin kuat tarikan gravitasinya. Video ini juga menampilkan animasi lubang hitam besar dan 'bayi' lubang hitam untuk menyoroti perbedaan antara lubang hitam supermasif dan lubang hitam yang lebih kecil.

Lubang hitam supermasif diyakini ada di pusat sebagian besar galaksi, namuan para ilmuwan masih belum yakin bagaimana mereka terbentuk. Sementara lubang hitam yang lebih kecil, terbentuk ketika bintang yang lebih besar runtuh dengan sendirinya dan mulai mengkonsumsi debu serta gas di sekitarnya.


Ketika sebuah materi jatuh ke arah lubang hitam, dia akan memanas dan mulai bersinar. Dalam video tersebut, disebutkan bahwa peristiwa semacam itu adalah petunjuk yang harus dicari ketika kita mencari lubang hitam.

Simak Video "Katie Bouman, Sosok Berjasa di Balik Foto Lubang Hitam Pertama"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/fay)