Selasa, 15 Okt 2019 12:00 WIB

Ikan Monster Muncul di Amerika, Ada Perintah Bunuh di Tempat

Fitraya Ramadhanny - detikInet
Foto: (Georgia DNR) Foto: (Georgia DNR)
Atlanta - Pemerintah Amerika Serikat dipusingkan dengan kemunculan ikan berkepala ular yang bisa keluar dari air dan hidup di darat. Ada perintah untuk bunuh di tempat.

Ikan monster ini adalah ikan predator asing, maksudnya adalah dia bukan predator alami dari Amerika Serikat. Kemunculannya dikhawatirkan bisa merusak ekosistem karena sifatnya yang menyebar cepat, tidak punya musuh alami dan mengganggu rantai makanan.


Laporan ikan monster ini disampaikan oleh Wildlife Resources Division, Departement of Natural Resources (DNR) negara bagian Georgia, Amerika Serikat. Tubuhnya memiliki corak seperti ular, kepalanya juga seperti ular dan memiliki sederetan gigi tajam.

Yang ditakutkan pihak DNR adalah, ikan ini bisa bernafas langsung dari udara terbuka, keluar dari air dan hidup di darat selama berhari-hari. DNR pun mengeluarkan perintah bunuh di tempat kepada siapapun yang melihatnya. Mereka menyebutnya Snakehead Fish, ikan berkepala ular.

Ikan Monster Muncul di Amerika, Ada Perintah Bunuh di TempatFoto: (US Geological Survey Archive)

"Untuk pertama kalinya, ikan invasif ini muncul di Georgia. Jika Anda menangkap northern snakehead: JANGAN DILEPAS, segera bunuh dan bekukan, jika memungkinkan dipotret, catat lokasi penemuan (landmark atau kordinat GPS), segera laporkan ke DNR Wildlife Resources Division Fisheries Office," begitulah pengumuman resmi otoritas setempat dilihat detikINET, Selasa (15/10/2019).

Pihak DNR mengatakan ikan monster ini aslinya dari Sungai Yangtze di China. Masih belum ada penjelasan kenapa ikan ini ada di sungai Amerika. Diduga ada pelepasliaran secara ilegal terhadap ikan ini yang diimpor dari China.


Meskipun ikan ini mengejutkan orang Amerika dan mengkhawatirkan dinas lingkungan hidup di sana, ternyata ikan berkepala ular ini biasa banget untuk orang Indonesia.

Northern Snakehead (Channa argus) adalah dari keluarga Channidae yang menyebar di Afrika dan Asia. Dia punya kerabat di Indonesia, nama latinnya Channa striata. Nama lokalnya adalah Ikan Gabus. Oalah...


Ikan Monster Muncul di Amerika, Ada Perintah Bunuh di Tempat


Simak Video "Ikan Sambal Gence Ruan, Kutai Kartanegara"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/fyk)