Sabtu, 12 Okt 2019 11:00 WIB

Inggris Canangkan Ambisi Daratkan Robot di Bulan

Aisyah Kamaliah - detikInet
Rover mini milik Inggris yang bakal mendarat di Bulan. Foto: Press Association (PA) Rover mini milik Inggris yang bakal mendarat di Bulan. Foto: Press Association (PA)
London - Inggris bakal mengirim kendaraan rover robotoka untuk pertama kalinya bagi negara itu ke Bulan pada tahun 2021. Bentuknya berupa robot kecil yang menggunakan kaki dan hanya memiliki berat 1,5 kg.

Misi ini apabila berhasil, akan menjadikan Inggris negara keempat yang mengirim rover ke bulan setelah sebelumnya Amerika, Rusia, dan Cina. Robot mini ini dibuat dan didesain oleh startup Inggris, SpaceBit.

"Misi kami ke sana adalah menemukan apakah ada hal yang bisa di eksplorasi bagi semua umat manusia," kata Pavlo Tanasyuk, pendiri Spacebit, dikutip detikINET dari The Sun.



SpaceBit telah bermitra dengan perusahaan AS bernama Astrobotic. Robot ini nantinya akan memberikan video HD dan pindaian 3D area Bulan dengan menggunakan sensor yang telah dibuat untuknya.

SpaceBit rover dapat menahan suhu hingga 130 Celsius, dan serendahnya -130 Celsius. Tetapi pada akhirnya, robot tersebut akan membeku di permukaan dingin Bulan.

'Misi akan menghabiskan hingga 10 hari di Bulan sebelum akhirnya membeku selamanya," kata Pavlo.

"Misi ini akan menghasilkan muatan pertama dari Inggris untuk mencapai permukaan Bulan dan menandai dimulainya era baru dalam eksplorasi ruang komersial untuk Inggris," tambah dia.

Ia diharapkan mendarat di permukaan bulan pada bulan Juni atau Juli 2021. Negara terkini yang mencoba mendarat di Bulan adalah India dalam misi Chandrayaan 2. Sayangnya sesaat sebelum mendarat, rover mereka kandas.



Inggris Canangkan Ambisi Daratkan Robot di Bulan


Simak Video "Mengaspal di Indonesia, Range Rover Evoque Dipatok Rp 1,7 Miliar"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fyk)