Sabtu, 05 Okt 2019 08:09 WIB

Ilmuwan Berambisi Videokan Lubang Hitam sedang 'Memangsa'

Rachmatunnisa - detikInet
Ilustrasi lubang hitam. Foto: Livescience Ilustrasi lubang hitam. Foto: Livescience
Jakarta - April 2019, sejarah baru tercipta dengan kesuksesan ilmuwan di bidang astronomi memotret black hole alias lubang hitam untuk pertama kalinya. Tak berpuas diri, para ilmuwan kini memikirkan cara bagaimana memvideokan aktivitas lubang hitam.

Adalah tim di balik Event Horizon Telescope (EHT) yang punya rencana gila tersebut. Dalam proyek yang disebut ngEHT alias next-generation EHT berambisi menangkap video real time ketika lubang hitam 'memangsa' sekitarnya, dan meneliti bagaimana aktivitas ini mengubah lingkungan di sekelilingnya.



"Kita akan bisa melihat lubang hitam berevolusi secara real time, kita bahkan bisa menguji teori gravitasi Einstein dengan cara yang sangat berbeda, dengan melihat orbit materi, di sekitar lubang hitam," kata Shep Doeleman, astronom yang memimpin tim EHT global.

Dikutip dari Business Insider, Sabtu (5/10/2019), tim ngeEHT akan melanjutkan pekerjaan tim sebelumnya untuk mencari tahu lebih banyak tentang lubang hitam di galaksi M87 yang berhasil dipotret pada April lalu.

Sedikit kilas balik, berdasarkan penemuan sebelumnya mencatat lubang hitam yang berhasil diabadikan itu luasnya diperkirakan mencapai 40 miliar km atau setara tiga juta kali ukuran Bumi dan berjarak 500 juta triliun km jauhnya dari Bumi.

Jika sebelumnya lubang hitam berhasil diabadikan menggunakan jaringan delapan teleskop radio yang tersebar di berbagai negara. EHT akan menambah jumlah teleskopnya dan membenamkan teknologi komputer terbaru untuk memeroses 10 kali lebih banyak data dari teleskop-teleskop tersebut.



Para ilmuwan ini memperkirakan, mereka akan bisa merekam video dua lubang hitam dalam kurun waktu lima tahun. Doeleman berharap, video ini nantinya bisa mengungkap hal yang tidak cukup tampak dalam sebuah foto, yakni bagaimana lubang hitam sedang melahap sekitarnya.

Simak Video "Mengungkap Fakta Saturnus yang Malam Ini Ada di Balik Bulan"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/fyk)