Jumat, 04 Okt 2019 14:40 WIB

Tentang Mars 2020, Misi NASA Cari Kehidupan di Planet Merah

Fino Yurio Kristo - detikInet
Ilustrasi habitat di Mars. Foto: Reuters Ilustrasi habitat di Mars. Foto: Reuters
Jakarta - Mars 2020 adalah misi NASA yang khusus digelar untuk mencari apakah pernah ada kehidupan di planet Mars. Rencananya, rover Mars 2020 akan diterbangkan pada Juli tahun 2020 untuk mendarat di permukaan Mars.

Jadwal pendaratan adalah pada 18 Februari 2021 karena jarak panjang antara Bumi dengan Mars. Kawah Jezero Crater dipilih sebagai tempat pendaratan.

Dikutip detikINET dari Fox News, NASA memilihnya lantaran dianggap sebagai lanskap paling menarik dari sisi ilmiah. Ada kemungkinan Jezero Crater dulu adalah delta sungai, di mana molekul organik kuno dan tanda kehidupan mikroba mungkin tersimpan dari miliaran tahun silam.


Misi berbiaya USD 20 miliar ini akan meneliti kemungkinan adanya habitat dan kehidupan Mars di masa silam dengan mengambil sampel dari permukaan Mars mengandalkan perangkat pengeboran dan instrumen lainnya.

Dalam proposal rencananya, rover yang belum diberi nama itu akan mengambil sekitar 31 sampel dari bebatuan dan tanah Mars untuk dikembalikan ke Bumi dalam misi selanjutnya. Misi ini pun disebut sebagai peluang terbaik untuk membuktikan spekulasi makhuk hidup pernah eksis di Mars.

"Komponen kunci dari pekerjaan NASA adalah mencari blok pembangun dan tanda kehidupan di tempat lain dan kami bersemangat pada penemuan dari rover di Mars saat ini maupun yang akan datang," kata juru bicara NASA, Allard Beutel.

"Seperti saat astronot NASA mendarat di Bulan mengubah konsepsi tentang tempat kita di alam semesta, penemuan kehidupan di lokasi lain akan menjadi event yang mengubah peradaban. Seperti halnya semua temuan, NASA akan membagikan informasi valid pada dunia sesegera mungkin," tambahnya.



Simak Video "Robot InSight Mendarat di Planet Mars Gegerkan Dunia"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/afr)