Misteri Planet Kesembilan yang Bikin Ilmuwan Penasaran

Misteri Planet Kesembilan yang Bikin Ilmuwan Penasaran

Tim - detikInet
Minggu, 29 Sep 2019 11:02 WIB
Halaman ke 1 dari 2
Misteri Planet Kesembilan yang Bikin Ilmuwan Penasaran
Foto: NASA
Jakarta - Planet Kesembilan, Planet 9, Planet Nine, maupun Planet X adalah sebutan bagi planet yang konon berada jauh di luar Pluto atau bisa dibilang di ujung Tata Surya. Ia diduga mempengaruhi berbagai obyek di sekitar Sabuk Kuiper. Sampai saat ini, ilmuwan masih penasaran soal planet atau obyek apapun itu.

Badan antariksa NASA pernah mengatakan kemungkinan munculnya planet kesembilan dalam sistem tata surya semakin mendekati kenyataan. Menurut NASA, pengaruh aneh di sabuk Kuiper berasal dari planet ini, yang dicurigai 'mengintai' dari kejauhan.

Diperkirakan, ia memiliki 10 kali massa Bumi, serta lokasinya 20 kali lebih jauh dibanding jarak antara Matahari dengan Neptunus, yang notabene merupakan planet terluar dalam sistem Tata Surya. Sehingga disimpulkan kalau suhu di planet tersebut sangat dingin.


Saat ini, terdapat belasan objek batuan di Tata Surya yang memiliki pola orbit serupa, termasuk di dalamnya TG287 dan VP113. Orbitnya sangat panjang dan bergerak dengan arah yang sama. Kemungkinan, obyek tersebut dipengaruhi oleh Planet 9.

"Tiap kali kami menemukan satu lagi objek kecil ini, hal tersebut akan mengantarkan kami mencari di mana planet yang lebih besar berada," ujar Scott Sheppard dari Carnegie Institution for Science.

"Ada lima teori dari bukti hasil observasi yang mengarah pada eksistensi Planet Nine," ujar Konstantin Batygin, astrofisikawan planet dari Caltech.

(ke halaman selanjutnya)
Halaman Selanjutnya
(fyk/fyk)