Jumat, 27 Sep 2019 06:50 WIB

Sejuta Orang Bisa Hidup di Mars Asalkan Mau Makanan Ini

Fino Yurio Kristo - detikInet
Simulasi kehidupan di Mars. Foto: Reuters Simulasi kehidupan di Mars. Foto: Reuters
Jakarta - Beberapa pihak seperti pemilik SpaceX, Elon Musk, ingin membangun koloni di planet Mars. Jika ambisi itu tercapai, kira-kira apa yang akan dimakan warga di sana?

Ilmuwan mengkalkulasi bahwa sejuta orang bisa survive di Mars asalkan mereka tak keberatan untuk bertani menumbuhkan makanan sendiri dan memelihara serangga. Ya, serangga untuk dimakan.

"Kami membuat model kalori dan lahan yang dibutuhkan untuk koloni permanen Mars dengan populasi mencapai sejuta orang dan bisa mandiri menghasilkan makanan selama seabad," tulis ilmuwan dari University of Central Florida, Orlando.


Makanan diproduksi di Mars, dikombinasikan dengan impor dari Bumi. Produksi dan distribusi makanan akan memainkan peran penting dalam pertumbuhan ekonomi di Planet Merah.

Dikutip detikiNET dari Metro, penduduk di Mars kemungkinan tidak akan tahan jika hanya makan tanaman. Untuk memuaskan mereka, alternatifnya adalah dengan beternak serangga, misalnya jangkrik.

Jika ada yang jijik, jangkrik tersebut tinggal diolah. Peternakan jangkrik tersebut disebut ideal karena menyediakan kalori dalam jumlah besar dan tidak membutuhkan banyak air atau makanan.

Jika sekali-sekali ingin makanan lain yang lebih lezat, maka bisa mengimpornya dari Bumi. "Di luar persyaratan minimum itu, Di luar itu bisa menjadi aktivitas komersial," kata editor in chief jurnal New Space, Ken Davidian, yang mempublikasikan riset tersebut.

"Tidak sulit membayangkan bahwa kopi, buah-buahan ekstra atau makanan lainnya akan menjadi produk komersial jika warga ingin memanjakan diri," tambahnya.



Simak Video "Robot InSight Mendarat di Planet Mars Gegerkan Dunia"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/rns)