Sabtu, 21 Sep 2019 18:03 WIB

Akhir Nasib Ular 'Berkaki' di Riau

Fitraya Ramadhanny - detikInet
Ular berkaki di Indragiri Hulu (dok KPBD Indragiri Hulu) Ular 'berkaki' di Indragiri Hulu (dok KPBD Indragiri Hulu)
Jakarta - Video ular berkaki menjadi viral dan tim karhutla Riau kembali mendatangi bangkainya. Namun apa yang terjadi?

Bangkai ular berkaki aneh ini sebelumnya direkam regu pemadam kebakaran hutan yaitu Tim 1 Subsatgas Gab II Dim 0302 Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) pada Rabu 18 September 2019 malam. Lokasi kejadian ada di Kelurahan Sekip Hilir, Kecamatan Rengat.

Video rekaman ini yang di luar dugaan menjadi viral. Tim pemadaman pun memutuskan kembali ke lokasi. Namun terjadi hal yang tidak terduga.


"Bangkainya sudah rusak dimainin warga. Mau lihat kakinya lagi sudah nggak bisa. Kakinya diambil warga, entah buat apa," kata Kepala Kantor Penanggulangan Bencana Daerah (KPBD) Kabupaten Indragiri Hulu, Agus Widodo kepada detikcom.

Widodo mengakui sejak videonya ramai, banyak warga datang ke lokasi. Dia tidak menyangka mereka memainkan bangkai ular aneh itu.

Akhir Nasib Ular 'Berkaki' di RiauVideo ular berkaki yang viral (Youtube)

"Ya sudah akhirnya bangkainya kita kubur," kata Widodo. Itulah akhir nasib ular 'berkaki' itu.

Widodo mengatakan warga lokal menyebutnya Ular Jengger. Menurut tim satgas ini adalah ular betina. Mereka yakin ini ular berkaki, karena melihat ada semacam kakinya di kiri dan kanan tubuh.

"Menurut tim ini ular betina, kan perutnya kebelek, kelihatan ada seperti telurnya. Kakinya ada kok kanan kiri dan sepertinya lagi ganti kulit juga," kata dia.


Sementara itu, beberapa pakar ular meragukan klaim ini. Ketua Yayasan Sioux Ular Indonesia, Aji Rachmat berpendapat itu adalah king cobra (Ophiophagus hannah) yang mati sambil mengeluarkan alat kelaminnya. Reptiler kondang, Panji Petualang juga mengatakan hal yang persis sama.

Simak Video "Puncak Merbabu Berselimut Asap Gegara 150-an Hektare Hutan Terbakar"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/fay)