Sabtu, 21 Sep 2019 11:07 WIB

Area 51 Diserbu Pencari Alien, 3 Orang Ditangkap

Fino Yurio Kristo - detikInet
Para pengunjung Area 51. Foto: AP Para pengunjung Area 51. Foto: AP
Nevada - Area 51 akhirnya benar-benar diserbu berkaitan dengan undangan di Facebook yang viral beberapa waktu silam. Acara penyerbuan memang diganti jadi festival bertema alien, tapi tak sedikit yang benar-benar penasaran ingin mencari makhluk luar angkasa.

Dikutip detikINET dari Reuters, diestimasi ada 2.300 orang berdatangan ke wilayah gurun di dekat Area 51 di Nevada. Seperti diketahui, Area 51 yang merupakan fasilitas Angkatan Udara AS, lama digosipkan jadi tempat alien diteliti dan disembunyikan.

Jutaan orang sepakat untuk ikut dalam penyerbuan Area 51 yang digagas di Facebook dengan judul Storm Area 51. Awalnya hanya candaan, undangan itu ditanggapi serius oleh banyak orang maupun aparat yang cemas ada kejadian tidak diinginkan.


Beruntung, para tamu pada umumnya bertingkah sopan dengan beberapa perkecualian. "Sejauh ini, berlangsung dengan cukup baik," kata Sherriff Kerry Lee.

Seorang pengunjung ditangkap dan satu lagi sempat ditahan, karena dicurigai masuk ke area terlarang. Dua orang lainnya ditangkap karena alasan lain, sehingga total ada 3 orang yang masih berada dalam penjara pada saat ini.

Sampai sekarang, pengunjung terus mengalir. Banyak yang memakai kostum aneh bertema alien. "Orang random berkostum aneh ada di luar basis pemerintah. Ini adalah pengalaman sekali seumur hidup," tulis seorang YouTuber mengenai alasan ketertarikan datang ke sana.
Area 51 Diserbu Pencari Alien, 3 Orang DitangkapFoto: AP

Seorang wanita muda sempat mendekati pagar pelindung Area 51 dan ditahan, kemudian dilepaskan lagi. Aparat keamanan menjaga event ini dengan ketat karena Area 51 terlarang dimasuki orang sipil. Tapi aparat optimistis tidak akan ada kerusuhan.


Area 51 berada sekitar 19 kilometer dari kota kecil Rachel. Beberapa penduduk kota itu sudah menyarankan agar orang tidak datang ke sana karena khawatir jika terjadi kekacauan.

Ribuan orang ternyata tetap datang dan membangun tenda. Ed Callahan, salah satu pengunjung dari California menilai event ini suasananya menyenangkan. "Bukan hal liar atau besar. Memang jangan sampai 40 ribu orang. Jika ada beberapa lagi yang datang akan baik-baik saja," ujarnya.

Connie West, pemilik motel Little A'le'Inn yang lama cemas soal penyerbuan di Area 51 yang dekat dengan penginapannya pun lega karena sejauh ini tidak ada chaos. (fyk/ask)