Jumat, 20 Sep 2019 06:11 WIB

Penjelasan Militer AS soal Video Penampakan Nyata UFO

Fino Yurio Kristo - detikInet
Halaman 1 dari 2
Foto: istimewa Foto: istimewa
Jakarta - Sejak Desember 2017, ada tiga video penampakan UFO beredar di internet, menunjukkan pilot Angkatan Laut Amerika Serikat melihat benda terbang tak dikenal itu. Lama tutup mulut, AL AS akhirnya memberi pengakuannya.

"Angkatan Laut menandai fenomena yang terlihat di tiga video tersebut sebagai tidak teridentifikasi," sebut Joseph Gradisher selaku juru bicara Angkatan Laut AS kepada pihak Black Vault, platform pembocor rahasia pemerintah.

Walaupun demikian, mereka masih malu-malu menyebutnya sebagai UFO melainkan UAP, unidentified aerial phenomena atau fenomena udara yang tak teridentifikasi. Padahal sebenarnya artinya sama saja dengan UFO, yaitu ada sesuatu yang terbang tapi tidak dikenali.


Joseph menjelaskan bahwa terminologi UAP dipakai sebagai deskripsi dasar untuk penampakan, observasi pesawat yang tak berizin atau tak teridentifikasi, obyek yang diamati memasuki kawasan udara yang berada dalam radius kontrol militer.

Joseph menambahkan jika UAP bukan istilah baru. AL AS memilih memakai kata itu dibandingkan UFO karena terkait dengan stigma atau label tertentu, yang mungkin membuat pilot enggan melaporkan jika ada insiden dengan obyek angkasa tak dikenal.

(ke halaman selanjutnya) (fyk/fay)